Caption Foto : Seorang Difabel saat mau menjalani tes yang diantar petugas Satpas Lantas

mediapetisi.net – Satlantas Polres Jombang memberikan pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas atau difabel dalam pembuatan surat izin mengemudi (SIM) D. Dalam pembuatan SIM D tetap melalui tes praktek seperti pada umumnya tetapi bedanya, motor yang digunakan dimodifikasi khusus beroda tiga.

“Dalam proses tes, difabel ini tetap menjalankan uji praktek dan tulis seperti biasa tetapi ada perlakuan khusus saat praktek mengendarai bermotor. Kami berharap dengan kemudahan pembuatan SIM D ini Disabilitas tetap bisa melakukan aktivitas berkendara dan menjadi pelopor keselamatan,” terang Kasat Lantas Polres Jombang AKP. Rudi Purwanto SH. MAP. saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurut Kasat Lantas Rudi, hari ini ada 1 (satu) orang difabel yang membuat SIM D dan mendapatkan kemudahan dalam pembuatan SIM D. Pelayanan SIM D untuk difabel tersebut sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan khususnya Pasal 80. Aturan tersebut menjelaskan tentang kendaraan khusus modifikasi bagi difabel. 

“Tambahan layanan khusus untuk saudara kita difabel itu sesuai insruksi Bapak Kapolri dan Bapak Kapolda menyambut Polri yang presisi yakni layanan khusus dan terbaik dari Polri yang bertransformasi menjadi Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan (Presisi) bisa memberikan manfaat bagi kaum difabel agar hak-haknya biar lebih percaya di tengah masyarakat untuk berinteraksi sosial,” pungkasnya. (lis)