Caption Foto : Kepala Desa Ceweng Imam Subata saat dikonfirmasi

mediapetisi.net – Pihak Desa Ceweng, Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang membuka lapangan pekerjaan dengan membuat program home industri “KAMPUNG KUE” untuk mempertahankan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19. 

“Kebetulan salah satu perangkat di desa Ceweng memiliki kemampuan dan sudah mendapatkan sertifikat dalam bidang memasak seperti bikin kue dan kemudian kami kemarin membuat pelatihan. Alhamdulillah masyarakat terutama di 3 dusun di desa Ceweng sangat antusias untuk mengikuti pelatihan tersebut,” ungkap Imam Subata Kepala Desa Ceweng saat ditemui di ruang kerjanya. Jum’at (28/5/2021)

Menurut Imam Subata, home industri Kampung kue yang dijalankan sampai saat ini dikoordinasikan oleh kader – kader posyandu, setelah masyarakat selesai membuat kue nantinya kue akan diambil oleh petugas atau kader – kader posyandu yang sudah diberi tugas kemudian jam 5 pagi kue di bawa ke gudang Indomaret Jombang

“Untuk penjualan kue saat ini sudah merambat ke Indomaret – Indomaret yang ada di Jombang dengan izin dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian,” ujarnya.

Tidak hanya membuat kue, disalah satu dusun desa Ceweng yakni dusun Pengkol juga memproduksi tape dari ketela yang memang saat ini hanya melayani melalui pemesanan sebab permintaan penjualan tape begitu luar biasa bahkan sudah dijual sampai Surabaya.

“Kalau untuk tape kami hanya melayani melalui pemesanan saja karena kita kuwalahan, yang awalnya kita beli cuman satu rengkek singkong saja buat memproduksi tape sekarang bisa sampai satu truk untuk memproduksi tape singkong,” pungkas Imam Subata. (lis)