Caption Foto : Bupati Jombang didampingi Kapolres, Dansatradar 222 Ploso, Kasdim 0814 dan Kepala OPD saat memantau pelaksanaan vaksinasi

mediapetisi.net – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Bagian Umum menggelar Gebyar vaksinasi sebanyak 1500 dosis dalam rangka Hari Jadi ke-111 Pemerintah Kabupaten Jombang, yang diperingati tiap 21 Oktober sebagai upaya percepatan capaian layanan vaksinasi Covid-19 untuk mewujudkan herd immunity. Dihadiri Bupati Jombang, Kapolres, Kasdim 0814, Dansatradar 222 Ploso dan Kepala OPD. Bertempat di rumah Ibadah Klenteng Tri Dharma Hong San Kiong Kecamatan Gudo, Jombang. Kamis (14/10/2021

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab mengatakan, bahwa vaksinasi Covid-19 di tempat ibadah Klenteng Tri Dharma Hong San Kiong hari ini khusus dalam rangka peringatan hari jadi Pemkab Jombang yang ke-111 2021. Sedangkan capaian vaksinasi dosis 1 di Kabupaten Jombang sudah 75 persen dan untuk lansia capaian vaksinasi Covid-19 sudah 52 persen. Total semua yang di vaksin sudah mencapai 1 juta lebih. Setiap hari ada penambahan, setiap hari ada beberapa tempat dilaksanakan vaksinasi di Kabupaten Jombang.

“Jadi yang sudah vaksin, ini bukan berarti untuk penyembuhan, atau sudah tidak akan tertular. Vaksin ini untuk menambah kekebalan tubuh biar tidak mudah tertular. Jadi tetap kemana-mana wajib protokol kesehatan, wajib memakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan untuk menjaga diri sendiri dan menjaga kesehatan orang lain,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Pemkab Jombang Wor Windari ketika di temui di lokasi vaksinasi menyampaikan, Kegiatan vaksinasi yang berlangsung di lapangan Klenteng Gudo untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Jombang Ke-111. Kegiatan vaksinasi ini untuk umum tidak hanya khusus bagi warga Gudo

“Vaksinasi ini diperuntukkan bagi semua masyarakat Jombang yang belum melakukan vaksinasi, baik dosis satu maupun dosis dua. Jenis vaksin yang disediakan sebanyak 1500 vaksin dengan rincian 1000 dosis vaksin Astra Zeneca serta 500 dosis Sinovac,” terangnya.

Kegiatan vaksinasi tersebut merupakan salah satu usaha Pemkab Jombang untuk mendukung program Pemerintah Pusat sekaligus memvasilitasi masyarakat Jombang yang belum melaksanakan vaksinasi.

“Sedangkan mekanisme pendaftaran kegiatan vaksinasi melalui pendaftaran online serta sudah di sosialisasikan melalui banner serta flyer dan tertera link pendaftaran serta informasi lainnya terkait kegiatan vaksinasi. Bagi masyarakat yang langsung datang akan tetap di layani bila masih ada kuota yang tersisa,” tandasnya.

Ida (22) salah satu warga Dusun Bedok Desa Bulurejo Kecamatan Diwek yang mengikuti vaksin tersebut sangat antusias dan berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Jombang yang mengadakan vaksinasi di wilayah Gudo karena masih banyak masyarakat yang belum melakukan vaksinasi.

“Saya berharap semoga  vaksinasi ini dapat menjangkau masyarakat yang belum melakukan vaksinasi, sehingga pandemi di Kabupaten Jombang pada khususnya bisa berakhir seiring dengan makin kuatnya antibody masyarakat dan terciptanya herd imunity di Kabupaten Jombang,” pungkasnya. 

Di sela kegiatan vaksinasi, Bupati Jombang memberikan bantuan 35 paket sembako dari Dinas Sosial kepada  lembaga kesejahteraan sosial AT-Thohir Desa Godong. (zul)