mediapetisi.net – Gerakan bersama masyarakat (Gebyar) puncak peringatan hari kesehatan Nasional (HKN) ke 55 tahun 2019, bertema “Generasi sehat, Indonesia unggul”. Bertempat di alun-alun kabupaten Jombang. Minggu (24/11/2019).

Gebyar HKN diawali dengan kegiatan senam dan joget bersama, bahkan saat kehadiran Bupati Jombang disambut dengan dance 5 langkah cuci tangan yang dipadukan dengan tarian-tarian Nusantara. Selain itu, dibuka Stand kesehatan dari berbagai unsur kesehatan, baik dari rumah sakit, puskesmas, apotek dan insan kesehatan lainnya. Ada pula kegiatan makan buah bersama, serta pembagian tumbler dan doorprize, serta Penyerahan penghargaan dan lomba-lomba, penerimaan kacamata gratis sebanyak 105 kacamatan dari Gapoktin (Gabungan pengusaha Optik Indonesia) yang diserahkan kepada MI Mujahidin.

Hadir dalam Gebyar HKN tersebut, Bupati Jombang didampingi direktur RSUD Kabupaten Jombang, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Jombang selaku ketua FORMI Kabupaten Jombang, segenap pejabat pemerintah Kabupaten Jombang, ketua organisasi profesi dan pelaku bidang kesehatan (STIKES, PKMI, Laborat, Farmasi) serta keluarga besar insan kesehatan Kabupaten Jombang.

Menurut Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab mengatakan bahwa, Dinas kesehatan dan RSUD telah memberikan yang terbaik dengan adanya Gebyar ini untuk mengajak seluruh masyarakat Jombang untuk hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri, kemudian mengajak orang lain untuk melakukan hal yang sama.

“Marilah kita bersama-sama mulai diri sendiri  dan mengajak anak-anak dengan menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna, serta seimbang dan beragam”, ungkapnya

Mulai saat ini Mundjidah berharap agar pola makan harus diatur dengan mengindari makanan yang mengandung zat berbahaya, diantaranya makanan yang mengandung pengawet dan lemak. Selain itu, harus waspada terhadap makanan yang akan dimakan dan harus sesuai dengan isi piring untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit, seperti stunting, kurang gizi, kebutaan dan lainnya yang harus dimulai dari kecil dan keluarga, tidak hanya sehat rohani tetapi juga sehat jasmani.

Seluruh ketahan fisik, mental dan sosial harus dijaga, terutama untuk anak-anak agar tidak terpengaruh dengan hal negatif, seperti: dependensi moral, penyalahgunaan narkoba, tawuran dan hal negatif lainnya yang harus dimulai dari lingkungan keluarga. Selain itu, tenaga kesehatan juga diharapkan tidak berhenti untuk mengajak masyarakat di sekitarnya untuk hidup sehat sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, salah satunya dengan mengajarkan cuci tangan yang baik dan benar.

Mundjidah berharap agar seluruh masyarakat Kabupaten Jombang agar selalu diberikan kesehatan, keselamatan, keberkahan, rezeki yang berkah dan barokah. Selain itu, bagi anak-anak diharapkan menjadi anak yang cerdas, berkualitas, berakhlaqul karimah, serta mampu mewujudkan Jombang yang berkarakter dan berdaya saing.

Sementara itu, Kepala Dinas kesehatan Jombang, Drg. Subandriyah, MKP, juga berterimakasih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Jombang maupun seluruh Organisasi profesi dan pelaku bidang kesehatan yang telah mendukung terselenggaranya Gebyar peringatan HKN ke 55.

Subandriyah menggerakkan agar seluruh masyarakat agar berkomiten “sehat dimulai dari saya yang ditularkan kepada keluarga, lingkungan, teman dan berawal dari diri sendiri dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat”. Sebagian masyarakat Kabupaten Jombang telah melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, namun sebagian lain belum maksimal karena masih ditemui banyak sampah yang berserakan. Kebiasaan untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat tidak sulit jika dimulai dari diri sendiri.

Gebyar ini dilaksanaan untuk mengajak semuanya untuk menjalankan amanah UUD 1945 yang berisi tentang menggerakkan hidup sehat, karena tantangannya untuk menjadikan generasi sehat, Indonesia unggul.

Dinas kesehatan beserta seluruh jajaran kesehatan sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah Kabupaten Jombang, serta komitmen dari masing-masing elemen masyarakat. HKN tahun ini mengerahkan seluruh sumber daya dari insan kesehatan dan partisipasinya berupa kegiatan Gebyar tersebut. Gebyar HKN ini merupakan partisipasi seluruh pelaku kesehatan di Kabupaten Jombang.

Kedepan diharapkan Gebyar HKN ini lebih baik dan lebih meriah dengan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat yang merupakan cermin dari keberhasilan dan komitmen sehat yang dimulai dari diri sendiri sehingga mampu mewujudkan generasi Indonesia yang sehat, khususnya generasi Kabupaten Jombang yang sehat, unggul dan berdaya saing, pungkasnya.