Caption Foto : Bupati didampingi Wabup saat  membuka Bulaga

mediapetisi.net – Berikan pelayanan langsung pada warga masyarakat,  Pemerintah Kabupaten Jombang menggelar Bulaga (Bupati dan Wakil Bupati Melayani Warga). Bulaga kali ini bertepatan dengan launching kegiatan Hari Jadi Pemkab Jombang ke 112 di Pusdiklat Pramuka Ngoro Jombang. Senin (3/10/2022)

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab dan Wakil Bupati Sumrambah hadir langsung ke masyarakat memberikan pelayanan yang integritas untuk warga Kecamatan Ngoro. Didampingi Forkopimda, Sekda, Asisten, Sfaf Ahli, Kepala OPD, Perwakilan Bank Jatim, Bank Jombang, Direktur PDAM, Aneka Seger dan Perkebunan, Kepala BPJSK, dan Kabag. Lingkup Pemkab, Forpimcam Ngoro serta Kepala Desa se Kecamatan Ngoro.

Caption Foto : Petugas Disdagrin saat mentera ulang timbangan warga

 

Bupati Mundjidah menyampaikan Bulaga tersebut merupakan program terobosan baru yang telah dilaksanakan beberapa kali di wilayah kecamatan. Tujuannya agar pemerintah Kabupaten Jombang dapat mendekatkan pelayanan yang ada di kantor pemerintah kepada masyarakat yang berjumlah 74 pelayanan dengan pelayanan mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

“Selain itu ada pula pemeriksaan dan pengobatan gratis dari bidang kesehatan. Pelayanan ini dapat langsung jadi, seperti pembuatan KTP, KK, perpanjangan SIM, BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan, dapat juga melakukan pembayaran pajak dan layanan lainnya. Apalagi Pemerintah sebagai pelayan masyarakat mengharapkan ini dapat membantu dan semakin dekat dengan pelayanan yang dibutuhkan,” harapnya.

Program trobosan ini, direspon dengan sangat baik dan didukung oleh masyarakat, sehingga pemerintah Kabupaten Jombang. Untuk itu, dalam bulan Oktober 2022 ini bersamaan dengan Hari Jadi Pemkab Jombang ke 112, Bulaga dilaksanakan 4 kali yakni tanggal 3-4 Oktober 2022 di Pusdiklat Ngoro, tanggal 10-11 Oktober 2022 di Lapangan Losari Ploso, tanggal 17-18 di Lapangan Pandanwangi Diwek dan tanggal 24-25 Oktober 2022 di Lapangan Sumobito.

“Pemerintah Kabupaten Jombang juga semakin mendekatkan diri dengan masyarakat dengan memberikan pelayanan jemput bola yang diiring dengan kegiatan santunan kepada anak yatim dan memberikan bantuan kepada masyarakat. Dengan Bulaga ini, kami ingin melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” terang Mundjidah.

Ditempat sama, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang Hari Oetomo ketika diwawancarai dilokasi Bulaga menyampaikan, bagi masyarakat Jombang, Bulaga tanggal 3 dan 4 Oktober 2022 ini, inovasi pelayanan dari dinas perdagangan dan perindustrian kabupaten Jombang diantaranya Pelayanan alat ukur jenis timbangan untuk usaha, Jenis timbangan yaitu timbangan Elektronik, Timbangan meja,Timbangan Pegas, Timbangan Devin, dan Timbangan Sentisimal.

Timbangan Elektronik Kelas III dan IV sampai 100 Kg dengan Tarif Retribusi sesuai Perda No. 5 Tahun 2020 Rp. 30.000,00. Timbangan meja kapasitas sampai 25 Kg dengan Tarif Retribusi sesuai Perda No. 5 Tahun 2020 Rp. 10.000,00. Timbangan Pegas sampai 100 Kg dengan Tarif Retribusi sesuai Perda No. 5 Tahun 2020 Rp. 15.000,00. Timbangan Dacin sampai 100 Kg dengan Tarif Retribusi sesuai Perda No. 5 tahun 2020 Rp. 25.000,00. Timbangan Sentisimal 100 sampai 300 kg dengan Tarif Retribusi sesuai Perda No. 5 Tahun 2020 Rp. 10.000,00. Demi kenyamanan pedagang dan pembeli, Tujuan dilakukannya tera ulang yaitu untuk menjamin kebenaran pengukuran pada alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya

“Lampiran timbangan dan anak timbangan yang bebas retribusi tera/tera ulang, dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Jombang ke 102 juga memperingati Keberhasilan 4 (empat) Tahun Kepemimpinan Ibu Bupati dan Wakil Bupati Jombang serta BULAGA Tahun 2022. Kepada masyarakat kabupaten Jombang silahkan datang ke stand Disdagrin dengan membawa timbangan untuk di tera ulang gratis,” tukas Hari. (lis)