Caption Foto : Bupati.Jombang saat penyematan tanda pengukuhan Lencana Merah Putih pada dada sebelah kiri, dan kendit kepada perwakilan anggota Paskibraka.

mediapetisi.net – Upacara Pengukuhan Paskibraka Kabupaten Jombang Tahun 2022 dan Penerimaan Bendera Merah Putih oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab ditandai dengan penyematan tanda pengukuhan Lencana Merah Putih pada dada sebelah kiri, dan kendit kepada perwakilan anggota Paskibraka. Dihadiri Wabup, Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, para Pembina, Pelatih dan Instruktur Paskibraka. Bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang. Minggu Malam (14/8/2022)

Bupati Mundjidah mengucapkan selamat atas terpilihnya anak-anak sebagai pasukan pengibar bendera merah putih tingkat Kabupaten Jombang tahun 2022, tentunya merupakan putra-putri terbaik Kabupaten Jombang yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang harus dilalui.

“Dengan terpilihnya kalian sebagai anggota Paskibraka menunjukkan bahwa kalian dinilai memiliki kemampuan dan persyaratan sebagai anggota Paskibraka, berupa ketahanan fisik yang prima, postur tubuh yang sesuai, mental dan moralitas yang baik, serta disiplin yang tinggi,” ungkapnya. 

Sebagaimana diketahui, sebelum dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka, anggota Paskibraka telah menjalani serangkaian pelatihan dan pendidikan yang bertujuan untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental demi suksesnya pelaksanaan sebuah misi dan tugas yang penting, yaitu pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih pada hari ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Jombang.

“Di samping menjalani penempaan secara fisik, mereka juga mendapatkan penempaan secara mental yang berguna dalam membangun sikap mental dan moral yang bertanggung jawab pada pelaksanaan pengibaran bendera merah putih. Dengan pelatihan dan pendidikan yang telah kalian ikuti akan berguna bagi diri kalian di masa yang akan datang,” terang Mundjudah. 

“Dalam rangkaian acara pengukuhan Paskibraka, telah mengucap ikrar serta prosesi cium Bendera Merah Putih. Misi Paskibraka tidak boleh berhenti pada momentum peringatan ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia ini saja, namun jiwa nasionalisme dan patriotisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang terbentuk, harus mampu dijiwai dan terus diimplementasikan dalam perilaku kehidupan sehari-hari, sehingga mampu memberi energi positif dan menjadi contoh serta tauladan bagi generasi muda lainnya dan juga masyarakat.

“Jadilah kalian sebagai generasi masa depan yang maju dan unggul, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, kalian juga harus memiliki integritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh, ulet, tegar, dan pantang menyerah, untuk berjuang demi kemajuan bangsa dan negara kita, serta demi tercapainya visi bersama mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing. Selamat kepada anak-anakku, embanlah amanah dan kepercayaan yang telah diberikan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah kepada kalian dengan penuh rasa tanggung jawab,” pungkas Mundjidah. (lis)