Caption Foto : Kepala Dinas Peternakan Agus Susilo Sugioto saat diwawancarai

mediapetisi.net – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Peternakan Kabupaten Jombang akan mendatangkan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Rabu (22/6/22) 

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, Agus Susilo Sugioto ketika dikonfirmasi menyampaikan beberapa waktu lalu Kabupaten Jombang sempat kehabisan antibiotik dan vitamin untuk sapi sebab wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Jombang semakin bertambah. Dengan adanya hal tersebut sampai saat ini, Dinas Peternakan Kabupaten Jombang menunggu vaksin dari pemerintah pusat datang yang akan diberikan pada sapi sapi sehat di Kabupaten Jombang. 

“Insyaallah vaksin untuk sapi 1 minggu kedepan sudah datang. Hewan ternak khususnya sapi yang sehat di Kabupaten Jombang perlu untuk divaksin sebab dengan vaksin tersebut tubuh hewan akan kebal terhadap virus PMK. Namun untuk sapi yang sedang sakit tidak boleh divaksin, jika ingin divaksin maka harus menunggu 1 bulan terlebih dahulu,” terangnya.

Tidak hanya itu, Agus juga mengatakan menjelang hari raya Idul Adha, Dinas Peternakan Kabupaten Jombang akan membuat  kebijakan bahwa sapi dan kambing kurban harus dibuatkan dan memiliki surat keterangan sehat. 

“Masyarakat bisa meminta surat tersebut pada mentri atau dokter hewan setempat. Dan surat sehat tersebut hanya bisa berlaku selama 3 hari. Semoga dalam pelaksanaan hari raya idul adha nanti tidak terjadi kendala apapun sehingga umat islam bisa menjalankan ibadahnya dengan baik,” jelasnya. 

Perlu diketahui sampai saat ini, wabah PMK di Kabupaten Jombang terdapat 2.600 ekor sapi terkena PMK dan sekitar 2.500 ekor sapi sudah sembuh dari PMK. (lis)