Caption Foto : Bupati Jombang saat mengukuhkan pengurus baru Forum Karang Taruna Kabupaten Jombang masa khidmat 2022-2027

mediapetisi.net – Pengukuhan pengurus baru Forum Karang Taruna Kabupaten Jombang masa khidmat 2022-2027 oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab. Dihadiri Ketua Forum Karang Taruna Provinsi Jawa Timur Agus Maimun, Anggota Komisi IV DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah, selaku Majelis Pertimbangan Organisasi, Kepala Disporapar Bambang N, Kepala Dinsos Hari Purnomo, Kepala Bakesbangpol Anwar, Kepala DPMD Sholahudin Hadi Sucipto, Alfiyah Ashmad dan Camat se kabupaten Jombang. Bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang. Selasa (29/3/2022)

Sedangkan pengurus baru Forum Karang Taruna Kabupaten Jombang yang dikukuhkan diantaranya Junita Erma Zakiyah sebagai Ketua, Ahmad Ulumuddin sebagai Sekretaris, Agung Prabowo sebagai Bendahara, dan 63 orang pengurus lainnya yang tersebar di sejumlah bidang organisasi mulai dari Kelembagaan dan Pendukung, Pelayanan Kesejahteraan Sosial, Usaha Ekonomi Produktif dan Koperasi, Pendidikan dan Pelatihan dan Pengamanan Karang Taruna.

Usai mengukuhkan, Bupati Mundjidah meminta pengurus baru Forum Karang Taruna Kabupaten Jombang langsung bekerja setelah dikukuhkan. Karang Taruna harus segera tancap gas karena Karang Taruna sebagai mitra pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan dalam bidang ekonomi, sumber daya manusia, pariwisata, kesehatan, dan sosial kemasyarakatan. 

“Jangan kelamaan, setelah ini segera laksanakan rapat kerja, susun program sesuai dengan program OPD terkait untuk menentukan program-program Karang Taruna,” ungkapnya.

Menurut Bupati, Forum Karang Taruna bisa turut aktif mensukseskan program vaksinasi Covid-19. Karena di Kabupaten Jombang Vaksinasi Dosis pertama dan kedua capaiannya semakin meningkat. Tinggal vaksinasi dosis ketiga atau booster yang perlu digenjot. 

“Oleh karena itu, Forum Karang Taruna harus hadir di sini, membantu pemerintah daerah dalam sosialisasi ke masyarakat. Selain itu, Karang Taruna agar segera mendukung kegiatan olahraga, pariwisata, dan ekonomi. Jika akan menggelar kejuaraan olahraga dan pengembangan destinasi wisata bisa koordinasi dengan Disporapar. UMKM bisa ke Dinas Koperasi dan Usaha Mikro. Maupun program untuk Karang Taruna lainnya,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Forum Karang Taruna Provinsi Jawa Timur Agus Maimun. Meski masih pandemi, semangat kepemudaan, semangat berkemajuan tetap selalu berkibar dan berkobar demi kabupaten Jombang maju. Dengan mempunyai SDM yang berkualitas dapat berkontribusi konkrit untuk daerah, serta dapat bersinergitas dan berkolaborasi untuk menggali potensi daerah untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Jombang.

“Karang Taruna bukan oposisi, namun sebagai mitra strategis Pemerintah, karang taruna segera secara bersama bergotong royong  mendukung pemerintah dalam proses pembangunan menyusun program jangka pendek. Selain itu, pemuda bisa menggunakan teknologi yang semakin maju,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Forum Karang Taruna Kabupaten Jombang Junita Erma Zakiyah yang akrab dipanggil Ita menyampaikan terima kepada Bupati Jombang yang sudah mengukuhkan pengurus karang taruna kabupaten Jombang dan undangan yang hadir dan menyaksikan pengukuhan tersebut. Ita mengatakan saling bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah merupakan salah satu cara terbaik dalam mensukseskan program prioritas yang akan dijalankan dalam mewujudkan kabupaten Jombang.

Sedangkan pengurus baru yang dikukuhkan berasal dari latar belakang yang bermacam-macam. Dari organisasi kepemudaan, aktivis sosial, pegiat UMKM, juga kalangan difabel. Tetapi inovasi dalam gagasan, sinergi dan kolaborasi dalam karya, bersatu dalam perbedaan dan bersatu dalam karang taruna

“Ada sejumlah hal yang akan menjadi fokus Forum Karang Taruna Kabupaten Jombang masa khidmat 2022-2027 diantaranya penguatan desa wisata, peningkatan UMKM khususnya di bidang kuliner. Selain itu ada juga bidang olahraga, nanti akan ada kejuaraan yang dimulai dari level desa. Ini akan saling berkaitan dengan bidang UMKM dan pariwisata,” pungkasnya. (lis)