Caption Foto : Bupati bersama Wakil Rektor Bidang Kerjasama UNDAR, Kadid. UMKM dan Peserta Pelatihan saat studi banding di Swagata Pendopo Jombang

mediapetisi.net – Universitas Darul Ulum Jombang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jombang melakukan kegiatan pelatihan kepada 40 kader desa dari 4 kecamatan yang di proyeksikan menjadi desa UMKM. Senin (25/10/2021)

Rektor Universitas Darul Ulum Jombang Dr. Amir Maliki Abitolkha M.Ag menyampaikan akselerasi dalam meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) memerlukan koordinasi dan sinergi menggunakan konsep pentahelix yang di dalamnya terdapat unsur Pemerintah, Komunitas, Akademisi, Pengusaha dan Media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan.

Sedangkan Usaha Kecil dan Menengah memberikan sumbangan terbesar dalam pemulihan ekonomi pada saat pandemi. Oleh sebab itu peningkan kapasitas dan kopetensi para pelaku usaha kecil dan mikro menjadi penting untuk dilakukan.

“Menjawab tantangan itu, Universitas Darul Ulum bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi dan UM Kabupaten Jombang melakukan kegiatan pelatihan kepada 40 kader desa dari 4 kecamatan yang di proyeksikan menjadi desa UMKM. Kegiatan pelatihan dilakukan sebagai tindak lanjut dari pencanangan Universitas Darul Ulum sebagai kampus UMKM yang telah dicanangkan oleh Bupati Jombang melalui asisten perekonomian dan pembangunan Ir Ilham heru Koentjoro M.Si, pada tanggal 14 September 2021,” terangnya.

Kegiatan pelatihan dilakukan 4 hari efektif dengan materi Motivasi wirausaha, E- commerce, Akutansi berbasis IT dan SWOT Analisis dilanjutkan dengan kunjungan studi banding desa wisata di Jogjakarta.

“Sinergi kampus dengan Pemerintah Daerah merupakan suatu keharusan yang dilakukan agar semua pihak bisa terlibat dalam proses pembangunan di daerah. Oleh sebab itu Universitas Darul Ulum akan terus menyiapkan SDM yang kompeten dalam rangka membantu para kader desa dalam meningkatkan kompetensinya,” terang Rektor Amir.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab dalam sambutannya pada saat melepas kegiatan studi banding menyampaikan  bahwa Pemerintah kabupaten Jombang sangat mendukung kegiatan yang bisa mendukung ke arah kemandirian ekonomi desa karena dengan kemajuan desa  membuat Pemerintah juga semakin maju, oleh sebab itu kader kader terpilih diharapkan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik baiknya. 

“Kegiatan pelatihan dan pendampingan akan terus dilakukan agar program desa UMKM agar terjadi kemandirian ekonomi bisa terwujud. Kami akan persiapkan Dosen yang kompeten di bidang pemberdayaan, Akuntansi, maupun IT untuk membantu Desa mewujudkan harapanya menjadi desa mandiri ekonomi, seperti yang disampaikan Wakil Rektor Bidang Kerjasama UNDAR Dr. Agus Raikhani MMT,” pungkasnya. (lis)