Caption Foto : Asisten 1 didampingi Kepala DPMD saat membuka Sosialisasi Bantuan Keuangan Khusus Kepada Pemerintah Desa

mediapetisi.net – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jombang menggelar Sosialisasi Bantuan Keuangan Khusus Kepada Pemerintah Desa yang dibuka oleh Asisten 1 Purwanto yang mewakili Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab. Dihadiri Kepala DPMD dan Pejabat Struktural DPMD serta Calon penerima hibah bantuan keuangan desa tahun 2021. Bertempat di Ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang. Senin (25/10/2021)

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab diwakili Asisten 1 Purwanto menyampaikan sosialisasi bantuan keuangan khusus kepada pemerintah desa tahun 2021. Berdasarkan kewenangan yang dimiliki oleh desa yakni berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa karena desa berperan mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat. Pembangunan dari wilayah terkecil di tingkat desa menjadi bagian dalam upaya mewujudkan cita – cita kemerdekaan Indonesia berdasarkan UUD 1945.

“Melalui prmbangunan desa yang dilaksanakan secara berkelanjutan dan mengoptimalkan partisipasi masyarakat. Diharapkan dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa, ketahanan ekonomi, ketahanan sosial dan ketahanan lingkungan di tingkat desa. Ketahanan dibidang ekonomi, sosial dan lingkungan di tingkat desa ini menjadi landasan yang kuat untuk mewujudkan Jombang yang berkarakter dan berdaya saing,” ungkapnya.

Sedangkan pemberian bantuan keuangan khusus bidang sarana prasarana kepada desa menjadi salah satu upaya dari pemerintah kabupaten Jombang dalam meningkatkan pembangunan di tingkat pedesaan. Dengan didasarkan pada aspirasi yang diperoleh dari masyarakat untuk pembangunan di desa dan diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan pembangunan di tingkat desa.

“Bantuan keuangan ini bersifat khusus, lokasi dan besarannya ditetapkan oleh pemerintah kabupaten Jombang yang diberikan untuk desa. Bantuan ini untuk membangun infrastruktur tingkat pedesaan sesuai kewenangan desa. Bantuan keuangan khusus bidang sarana dan prasarana untuk mempercepat akselerasi pembangunan perdesaan dalam menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi desa,” terang Purwanto. 

Sementara itu, Kepala Dinas Permberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jombang Sholahuddin Hadi Sucipto menyampaikan bantuan keuangan khusus tersebut untuk mendorong pemerataan dan perkembangan wilayah dengan membuka akses hasil produksi dan penyediaan sarana dan prasarana infrastruktur perdesaan. 

Selain itu, BKK untuk meningkatkan pembedayaan dan menumbuhkan perekonomian dan optimalkan pelayanan kepada masyarakat sesuai SK Bupati Jombang No : 188.4.45/350/415.10.1.3/2021 tanggal 13 Oktober 2021 tentang daftar penerima dan besaran bantuan keuangan khusus bidang sarana dan prasarana kepada desa telah dievaluasi oleh DPMD tahun anggaran 2021. Bantuan Keuangan Khusus (BKK) ke desa tahun 2021 bersumber dari P-APBD kabupaten Jombang 2021 dengan total anggaran sebesar Rp. 23.880.473.800,- (Dua puluh tiga milyar, delapan ratus delapan puluh juta, empat ratus tujuh puluh tiga ribu delapan ratus rupiah) yang akan diberikan kepada 191 desa.

“Sedangkan BKK ini akan digunakan untuk 180 kegiatan penguatan infrastruktur jalan, jembatan dan bangunan air serta 5 kegiatan untuk belanja bidang sarana dan prasarana desa. Dengan adanya sosialisasi penerimaan BKK ini diharapkan kepada semua desa, perangkat desa dan pihak lain yang terlibat benar – benar paham dan mengerti dengan anggaran BKK desa yang sangat besar sehingga dapat dikelola dengan baik sesuai dengan peraturan perundang – undangan,” pungkasnya. (lis)