Caption Foto : Ketua KTNA Jawa Timur saat panen raya Semangka di Jember

mediapetisi.net – Pengurus Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Jawa Timur menggandeng sebuah perusahaan pupuk BUMN Pupuk Kaltim melaksanakan panen raya Semangka di  Dusun Muneng, Desa Kraton, Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Rabu (20/10/2021)

Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Jawa Timur Sumrambah akan memperjuangkan korporasi petani. Korporasi petani merupakan salah satu konsep pertanian modern yang mulai dikembangkan di Indonesia. Korporasi petani sendiri salah satu bentuk pemberdayaan ekonomi petani yang memiliki dimensi strategis dalam pembangunan pertanian.

“Hari ini, kami melakukan cikal bakal membangun korporasi petani. Mohon doa restu dan dukungannya agar cita-cita korporasi petani itu bisa kami lakukan,” ungkapnya. 

Menurut Sumrambah, korporasi petani telah digagas oleh Presiden Joko Widodo, yang disampaikan pada tahun 2017. Itu merupakan upaya kerjasama yang sudah digalang bersama segenap pihak, diantaranya bersama PT Pupuk Kaltim dan Petrokimia Gresik merupakan langkah untuk mencapai cita-cita tersebut. Sedangkan pengembangan semangka di Kabupaten Jember, jelas Sumrambah sudah mencapai 400 hektar menuju 1000 hektar.

“Selain semangka, saat ini sedang dikembangkan tanaman jagung. Semua program tersebut avalisnya adalah KTNA. Itu perubaan besar di lingkungan KTNA dan dimulai dari Jember. Saya membawa sejumlah anggota KTNA Jombang, Nganjuk, Pasuruan, dan Madiun karena semua ingin belajar bersama,” tandasnya. (lis)