Caption Foto : Bupati Mundjidah didampingi Wabup Sumrambah saat melihat pembuatan manik-manik

mediapetisi.net – Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab di dampingi Wakil Bupati Jombang, Sumrambah menyerahkan bantuan hibah Tabung LPG Bright Gas Kepada IKM Manik Manik Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo. Dihadiri Asisten 2, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kepala Disporapar, Kepala DPMD, Camat Gudo, Kapolsek Gudo, Danramil, Ketua APMA dan Kepala Desa. Bertempat di Griya Manik Manik pusat kerajinan manik manik jalan Raya Pojok Desa Plumbon Gambang kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Kamis (16/9/2021)

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab memberikan apresiasi kepada seluruh pengusaha manik-manik yang ada di Gudo. Sebagai bentuk apresiasi, pemerintah daerah Kabupaten Jombang melalui Dinas perdagangan dan perindustrian memberikan bantuan sarana prasarana untuk mengurangi beban kebutuhan pengusaha manik-manik berupa 86 unit tabung elpiji bright gas seberat 5,5 kg per tabung.

“Semoga dengan adanya bantuan hibah tabung elpiji bright gas ini bisa menjadi penunjang dalam proses usaha manik manik bagi para pengusaha manik-manik, dan bisa berkembang lebih pesat lagi,” tutur Bupati Jombang.

Caption Foto : Bupati bersama Wabup, Asisten 2, Kepala Disperindag dan Camat Gudo serta penerima hibah LPG

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Hari Utomo mengatakan pemberian bantuan hibah Tabung LPG Bright Gas Kepada IKM Manik Manik Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo di dasari dengan Peraturan pemerintah nomor 29 tahun 2018 tentang pemberdayaan industri kecil dan menengah, Kemendagri nomor 77 tahun 2000 tentang juknis pengelolaan keuangan daerah dan pemberian bantuan hibah , dan DPA Dinas perdagangan dan perindustrian kabupaten Jombang dalam dana sumber daya DID tahun 2021 kegiatan penyusunan dan informasi rencana pembangunan industri kabupaten/kota, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Plumbon Gambang, Nur Wahid mengucapkan terimakasih atas penyerahan bantuan hibah tabung gas elpiji bright gas, di Desa Plumbon Gambang ini terdiri dari 124 unit pengrajin namun pada saat masa pandemi Covid 19 tersisa 86 unit yang masih bertahan.

“Alhamdulillah dari 86 unit bisa merekrut mulai dari peleburan, perakitan, maupun pencetakan bisa merekrut lebih dari 1200 tenaga kerja baik di desa Plumbon Gambang maupun luar desa Plumbon Gambang,” ucap Nur Wahid.

Tidak hanya itu, Ketua APMA (Asosiasi pengusaha manik-manik dan aksesoris), Suloso mengatakan, “terima kasih kepada pemerintah khususnya pemerintah kabupaten Jombang juga kepada Dinas Perdagangan dan Perindustrian yang telah menjembatani proposal kami kepada pihak pemerintah Kabupaten Jombang, mudah – mudahan apa yang sudah diberikan pada kami bisa bermanfaat dan barokah pada pengrajin dan pengusaha manik-manik di Desa Plumbon Gambang,” pungkasnya.

Di akhir kegiatan penyerahan bantuan hibah tabung gas elpiji bright gas, APMA (Asosiasi pengusaha manik-manik dan aksesoris) juga memberikan sebuah cinderamata kepada Bupati Jombang dan Wakil Bupati Jombang. Bupati dan Wabup juga melihat secara langsung pembuatan manik-manik. (lis)