Caption Foto : Ketua PGRI Kabupaten Jombang Jumadi saat ditemui di ruang kerjanya

mediapetisi.net – Peran guru sangat strategis dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila. Terkait dengan tanggal 1 Juni yakni hari lahirnya Pancasila peran guru sangatlah strategis.

“Peran guru sangat strategis karena guru harus dapat menjelaskan bagaimana sejarah lahirnya pancasila, sejarah tidak boleh tidak diajarkan tidak diberikan dalam pendidikan, sehingga guru harus menguraikan bagaimana munculnya hari lahir Pancasila di tanggal 1 Juni,” ungkap Jumadi Ketua PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kabupaten Jombang saat ditemui di ruang kerjanya. Senin (31/5/2021)

Menurut Jumadi, karena Pancasila adalah sebagai pandangan bangsa, Pancasila sebagai dasar negara oleh karena itu peran guru harus dapat menjelaskan sejarah lahirnya pancasila kepada peserta didik melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.

“Harapan saya untuk generasi muda jangan lupakan sejarah, karena sejarah itulah yang dapat membesarkan bangsa negara Indonesia dan menjadi pedoman bersama bahwa tidak akan mungkin Indonesia diganti dengan dasar negara yang lain karena semuanya di Indonesia ada dalam Pancasila,” terangnya.

Sedangkan di Indonesia ada bermacam macam suku, ras, bahasa dan lainnya maka yang paling cocok dasarnya adalah Pancasila sehingga dapat mempersatukan bangsa negara Indonesia. Oleh karena itu jangan jemu – jemu untuk belajar sejarah sehingga bangsa tetap jaya dan NKRI harga mati,” pungkas Jumadi. (lis)