Caption Foto : Lurah Kaliwungu saat memberi pengarahan pada penerima bantuan PKH

mediapetisi.net – Kelurahan Kaliwungu melakukan penyaluran program bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Bertempat di Balai Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Senin (19/4/2021)

Lurah Kaliwungu, RM. Juwaratu AW, S.TP  menyampaikan bahwa penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk yang bulan April 2021 disalurkan melalui mitra Bank Negara Indonesia (BNI), dengan jumlah penerima 33 orang.

Sedangkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kelurahan Kaliwungu ada 22 orang  yang bantuannya disalurkan melalui bantuan pangan atau sembako selama 2 bulan yakni Maret dan April, sedangkan bantuan PKH nantinya ada kartu PKH yang memang penerimanya adalah anggota tersebut.

“BPNT ini berupa beras 10 kg, ayam 1 kg, telur 20 butir, kentang 1 kg, kacang hijau setengah kilogram, bawang setengah kilogram. Bantuannya disalurkan melalui agen yang sudah ditunjuk untuk bansos BPNT,” terangnya.

Kemudian untuk PKH nya sendiri memang lebih dititikberatkan kepada rumah tangga yang masih mempunyai tanggungan anak yang masih sekolah, karena Kaliwungu juga masih banyak yang harusnya mendapatkan tetapi karena kuota terbatas mendapat jumlah 22 bantuan.

Bantuan PKH ini sudah berlangsung sebelum masa pandemi covid 19 bahkan ketika ada pendataan bantuan sosial untuk bantuan PKH khusus pandemi, bantuan PKH yang sebelumnya tidak boleh dimasukkan karena ada pandemi maupun tidak ada pandemi bantuan PKH tetap ada, karena mereka merupakan prioritas yang sudah diverifikasi dan di tindak lanjuti oleh kementerian sosial melalui dinas sosial.

“Semoga dengan adanya PKH ini bisa membantu dan bermanfaat terutama untuk keluarga yang masih mempunyai tanggungan anak sekolah,” harap Juwaratu.

Sementara itu, Sukiyati salah satu warga kelurahan Kaliwungu RT 05/ RW 02  mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah atas bantuan yang sudah diberikan. 

“Dengan adanya bantuan ini kami sangat merasa terbantu dan merasa lebih ringan untuk setiap harinya. Saya sangat bersyukur dan bangga serta mengucapkan terimakasih kepada pemerintah karena sudah memberikan bantuan kepada kami yang lemah perekonomian,” pungkasnya. (lis)