Caption Foto : Gubernur Khofifah saat sambutan

mediapetisi.net – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 dan HUT ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim,  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak media ikut berperan aktif dalam mereduksi hoax dan ujaran kebencian untuk menjaga suasana agar harmonis dan kondusif. Serta berkolaborasi menguatkan skema Pentahelix. Dimana, di dalamnya mencakup pemerintah, masyarakat atau komunitas, private sector, kampus atau akademisi, serta media.

“Pada HUT ke-75 PWI Jatim ini, saya mohon teman- teman Pers Jawa Timur  agar kita bersama-sama bertekad untuk mengurangi bahkan menghilangkan hoax dan ujaran kebencian serta  format-format yang menjurus pada radikalisme yang dapat mengganggu stabilitas dan persatuan nasional,” ungkap Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Jumat Malam (9/4/2021)

Gubernur Khofifah menjelaskan, bahwa peran media sangat strategis dan penting untuk menyampaikan pesan secara masif kepada masyarakat luas. Karenanya, lewat media maka harapannya akan bisa  mereduksi hoaks, ujaran kebecian dan referensi  radikalisme. Serta sekaligus bisa menjadi medium  penetrasi hoax, ujaran kebencian maupun referensi radikalisme.

“Ini akan menjadi bagian penting bagaimana sesungguhnya NKRI ini dibangun dengan narasi-narasi tentang kedamaian, narasi kasih sayang, narasi persaudaraan, narasi persatuan,” tuturnya.

Selain itu, Khofifah juga mengajak media di Jatim untuk terus menebar narasi positif melalui pemberitaan yang aktual dan faktual. Ini penting, sebab media memiliki peran untuk dapat mempengaruhi pembacanya. Apalagi, kekuatan media saat ini sifatnya borderless, sehingga meski media di Jatim tapi yang akan merespon, membaca dan mengakses narasi adalah masyarakat global.

“Segala yang biasa dibaca akan terekam jelas di otak. Karenanya, penting membangun narasi positif, dari narasi positif akan dapat menghindarkan dari hoax, radikalisme, ujaran kebencian dan hal yang bisa menyulut perpecahan. Jadi, makin banyak kita membaca narasi tentang kehidupan yang penuh damai, aman, kasih sayang, pasti yang terlahir juga suasana  aman, damai dan kasih sayang,” urainya.

Gubernur Khofifah mengucapkan selamat dan sukses kepada semua jurnalis di Jatim yang hari ini sedang berulang tahun ke-75. Pihaknya berharap, sinergitas yang sangat baik selama ini tolong  terus dibangun untuk memberikan kekuatan dari berbagai sektor yang harus terus ditumbuhkembangkan, pungkasnya. (lis)