Caption Foto : Rumah warga yang terendam banjir

mediapetisi.net – Telah terjadi banjir di Dusun Beluk, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang akibat dari luapan sungai karena Dam Sipon Mojokerto tersumbat sampah dengan ketinggian air 20-30 cm. Minggu (3/1/2021)

Kepala BPBD Kabupaten Jombang Abdul Wahab saat dikonfirmasi mengatakan bahwa telah terjadi banjir di Dusun Beluk, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang akibat dari luapan sungai Dam Sipon Mojokerto tersumbat sampah dengan ketinggian air 20-30 cm.

“Ada sekitar 44 rumah warga Dusun Beluk Desa Jombok yang terendam banjir akibat luapan sungai Dam Sipon tersumbat sampah,” terangnya.

Sementara itu, kebutuhan yang mendesak untuk warga yakni air bersih dan pelampung untuk kerja bakti pembersihan sampah di Filter aliran sungai Avour Watudakon karena baru saja selesai pembangunannya.

“Kami langsung melaksanakan pendistribusian tandon, air bersih dan pelampung pada warga yang terdampak banjir di Dusun Beluk, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben. Selanjutnya Kepala Dusun Beluk pinjam pelampung untuk membersihkan filter saluran Sipon yang tersumbat sampah plastik karena Sipon merupakan saluran sungai yang dibangun di bawah permukaan sungai. Sedangkan dari Dinas PUPR Jombang menggunakan eskavator untuk mengeruk sedimentasi atau pengendapan di sungai Avour Watudakon,” pungkas Wahab. (yn)