Caption Foto : Bupati Jombang berdama  Forkopimda saat menyerahkan penghargaan

mediapetisi.net – Upacara Detik-Detik Proklamasi dan pengibaran bendera pusaka dalam rangka peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia di Alun-Alun Kabupaten Jombang, Rabu (17/8/2022)

Rangkaian Upacara Peringatan HUT Ke 77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 disiarkan secara langsung melalui Channel YouTube Jombangkab TV dan Radio Suara Jombang 104.1 FM yang dikelola oleh Dinas Kominfo. Sedangkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) telah sukses melaksanakan tugas mengibarkan bendera merah putih dengan baik.

Selaku Inspektur upacara Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada Pasukan Paskibraka dalam sebuah prosesi untuk dikibarkan. Sementara Pembacaan Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Jombang Mas’ud Zuremi.

Upacara diikuti pasukan TNI, Polri, Korpri, Ormas, Mahasiswa dan pelajar tersebut dimulai pukul 07.30 WIB. Hadir pula jajaran Forkopimda, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Jombang, Anggota DPRD, Pejabat lingkup Pemkab Jombang, Pejabat Utama Polri daan TNI. Para tamu undangan seperti Ketua Ormas, para Veteran, Ketua Organisasi yang ada di Jombang, juga tim Paduan Suara.

Pada momentum Upacara Peringatan HUT Ke 77 Kemerdekaan RI, Pemkab Jombang kembali memberikan penghargaan kepada para aparatur pemerintah yang berhasil dan mampu menunjukkan prestasi pengabdiannya kepada masyarakat melalui program kegiatan pembangunan. Yakni Penghargaan berupa Panji Parasamya Nayaka Bhakti.

Penghargaan Panji Parasamya Nayaka Bhakti merupakan terobosan, inovasi dan kearifan lokal Pemerintah Kabupaten Jombang dalam mengawal dan mendorong Kecamatan dan Pemerintah Desa se Kabupaten Jombang agar berpacu untuk melaksanakan program alokasi dana desa, dana desa, pajak daerah dan restribusi daerah, pagu indikatif desa, bumdesa, pajak bumi dan bangunan, kelembagaan desa secara baik dan benar.

Dalam Penilaian Sinergitas Kecamatan Tahun 2022 diraih oleh Kecamatan Ngoro, yang diterima oleh Yauma Syifa, SH MSi selaku Camat Ngoro. Penilaian Kinerja Kelurahan diraih oleh Kelurahan Jombatan yang diterima oleh Indra Pratama, SSTP selaku Lurah Jombatan. Juara 1 Desa terbaik Bidang Administrasi dan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Tahun 2022 diraih Desa Ngrimbi Kecamatan Bareng yang diterima oleh Kades Ngrimbi Samsul Hadi

Juara 1 Desa dengan Pelunasan PBB tercepat Buku 1 dan Buku 2 Tahun 2022 diraih Desa Alang-Alang Caruban Kecamatan Jogoroto, yang diterima oleh Zuniati, selaku Kades Alang Alang Caruban.

“Selamat bagi Camat dan Kades yang berhasil meraih penghargaan ini, semoga penghargaan ini semakin meningkatkan kinerja dalam memberikan pengabdiannya di masyarakat. Selain itu juga memotivasi Desa juga Kecamatan yang lain agar meningkatkan kinerja dalam memberikan yang terbaik di masyarakat,” tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Usai Upacara dilanjutkan dengan melaksanakan ziarah nasional ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, makam KH. Wahab Hasbullah dan Tebuireng. Selanjutnya Bupati dan Forkopimda serta Kepala OPD juga undangan yang hadir mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan secara Virtual dari Istana Merdeka, di Pendopo Kabupaten Jombang. (lis)