Caption Foto : Ketua DPRD Jombang H. Mas’ud Zuremi saat diwawancarai awak media

mediapetisi.net – Rapat Paripurna Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Jombang Terhadap Nota Penjelasan Bupati tentang Raperda Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) tahun Anggaran 2022 dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Jombang Mas’ud Zuremi dan di ikuti oleh 45 Anggota DPRD Kabupaten Jombang.

Dihadiri Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Kapolres AKBP Nurhidayat, Ketua PN Bambang Setyawan, Perwakilan Dansatradar 222 Ploso dan Dandim 0814,  Asisten, Staf Ahli, Segenap Kepala OPD serta Camat se Kabupaten Jombang. Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Jombang. Senin (15/8/22)

Ketua DPRD Kabupaten Jombang H. Mas’ud Zuremi ketika diwawancarai menyampaikan, Sidang Paripurna kali ini terkait Pemandangan Umum fraksi-fraksi terhadap nota penjelasan P-APBD Bupati Jombang. Terkait program-program pembahasan P-APBD dalam waktu tiga bulan kedepan setelah di tetapkan harus sudah selesai. 

” Semua fraksi meminta penjelasan dari program-program tersebut, di dalam nota yang disampaikan terkait anggaran keuangan dan program pembangunannya. Penjelasan-penjelasan itu nanti di tunggu pada jawaban Bupati, kemudian akan diadakan pendapat akhir fraksi untuk menetapkan Raperda P-APBD yang diajukan oleh Pemerintah Daerah,” terangnya.

Tidak ada permasalahan, memang hal ini merupakan tahapan yang harus dilalui antara pemerintah dengan DPRD. Pengajuan dari pemerintah disetujui DPRD, setelah dibahas di komisi masing-masing melalui Tim Anggaran Pemeri tah Daerah terkait semua anggaran, baik APBD murni maupun P-APBD.

“Total keseluruhan Anggaran di P-APBD sebesar Rp. 514 Milyar. Hal ini bisa diketahui dari Sisa Lebih Anggaran Pendapatan di tahun 2021, setelah program-program tahun 2021 selesai. Sisa di tahun 2021 tidak bisa dilaksanakan di tahun 2021, sehingga masuk pada tahun berikutnya yaitu masuk di P-APBD tahun 2022. APBD murni tahun 2022 telah ditetapkan dan dilaksanakan. Kemudian ditambah dengan Sisa Lebih Anggaran pendapatan tahun 2021, sehingga nyambung,” pungkas Mas’ud. (zul)