Caption Foto : Bupati Jombang saat melantik pejabat Pemkab

mediapetisi.net – Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Kepala Sekolah lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang oleh Bupato Jombang Hj. Mundjidah Wahab. Bertempat di ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang. Jum’at (1/7/2022) 

Pelantikan tersebut dalam rangka penataan Pegawai Negeri Sipil, pemerintah Kabupaten Jombang untuk melakukan percepatan pengisian jabatan guna mendukung pelaksanaan tugas Perangkat Daerah, Sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, disebutkan bahwa pengembangan karier salah satunya adalah promosi atau mutasi. Dengan demikian jabatan bukanlah hak, akan tetapi merupakan amanah dari pemerintah yang berisi serangkaian tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan dan dipertanggungjawabkan.

Sedangkan jumlah pejabat yang dilantik sebanyak 158 pejabat, dengan rincian sebagai berikut Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama 3 orang diantaranya Bambang Sutomo sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Thonsom Pranggono sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Bambang Sriyadi sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Jombang. Untuk jabatan Pengawas Administrator ada 60 orang dan Kepala Sekolah ada 95 orang

Bupati Mundjidah mengucapkan selamat kepada seluruh pejabat struktural yang dilantik hari ini. Momentum tersebut menandakan meningkatnya tanggung jawab dalam melaksanakan amanah, serta menjadi suntikan semangat dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi pejabat untuk mampu menjalankan tugas dan wewenang secara proporsional, serta memastikan pelayanan publik dapat terlaksana secara optimal. Semoga amanah yang diberikan kepada saudara, menjadi Rahmat bagi masyarakat Kabupaten Jombang.

“Terlaksananya pengangkatan dalam jabatan ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pemerintah Kabupaten Jombang, terutama dalam pembangunan dan pelayanan publik. Dengan terisinya 4 Jabatan Kepala Sekolah TK, 89 Jabatan kepala SDN dan 2 Jabatan Kepala SMPN ini, saya harap selanjutnya akan ada peningkatan mutu pendidikan, kuantitas anak usia sekolah yang mengikuti pendidikan, serta percepatan kinerja capaian pendidikan di kabupaten jombang,” terangnya.

Kepada Kepala Sekolah diharapkan mampu memimpin dan mengelola sekolah, dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan transformasi pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik. Kepala sekolah harus cermat memahami regulasi, tegas, dan disiplin, namun harus tetap humanis dan bisa momong para guru, peserta didik, komite sekolah dan masyarakat.

“Dalam bekerja, para Kepala Sekolah harus menjaga diri untuk melaksanakan peraturan yang berlaku, namun dalam penerapannya harus luwes, dimana pemimpin yang baik harus menjadi. Kunci Inggris yang fleksibel, tetapi selalu berjalan dalam koridor yang berlaku,” jelasnya.

Kepada para pejabat yang dilantik hari ini, diantaranya yang pertama, meminta untuk segera mempelajari seluruh aturan perundangan yang merupakan dasar pelaksanaan tugas. Karena dengan dipahaminya aturan tersebut diharapkan dapat mempermudah pelaksanaan tugas, dan menghindarkan dari permasalahan hukum.

Kedua, segera melaksanakan konsolidasi terhadap pegawai yang ada di lingkungannya serta melaksanakan fungsi kepemimpinan, dengan tetap melakukan konsultasi ke atas, serta koordinasi ke samping sehingga terjadi sinergi terhadap pelaksanaan tugas kepemimpinan.

Ketiga, senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab bersifat sensitif dan responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru yang timbul, baik di dalam maupun diluar organisasi, mempunyai wawasan jauh ke depan dan mampu melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistemik untuk kepentingan organisasi. Mempunyai kemampuan untuk mengkombinasikan berbagai sumber dan memanfaatkan sumber daya secara optimal sehingga dapat menghasilkan produktivitas kerja secara maksimal.

“Saya harap seluruh ASN Kabupaten Jombang dapat terus meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri agar dapat mewujudkan Budaya Kerja ASN “Berakhlak” (berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif), serta berjiwa “Bangga Melayani Bangsa” yang siap membangun jombang dalam rangka mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing,” pungkas Bupati Mundjidah. (lis)