Caption Foto : Warga Desa Kepatihan Jombang saat melaksanakan kirab gunungan Apem mengelilingi desa

mediapetisi.net – Pemerintah Desa Kepatihan Kecamatan/Kabupaten Jombang mengadakan kirab atau arak -arakan gunungan Apem mengelilingi desa untuk menyambut bulan Ramadan 1443 Hijriyah atau 2022 Masehi. Kamis Sore (31/3/2022)

Kepala Desa Kepatihan Erwin Pribadi saat dikonfirmasi mengatakan Megengan atau tradisi gunungan apem kali ini dilaksanakan dengan kirab atau arak -arakan gunungan Apem mengelilingi desa. Dimulai sekitar jam 14.00 WIB dan diselenggarakan di wilayah desa Kepatihan yang diikuti oleh 9 RW. Pesertanya adalah para stakeholder ada tokoh masyarakat, tokoh agama, Muslimat, Fatayat maupun organisasi yang lain.

“Warga mengajukan untuk mengadakan megengan kirab gunungan apem menyambut bulan Ramadan 1443 Hijriyah atau 2022 Masehi diadakan di wilayah desa Kepatihan ini saya izinkan dikala situasi masih pandemi ini dikarenakan saya mengapresiasi kesadaran warga saya sesuai data yang kita punya capaian vaksin dosis 3 di Kepatihan itu sudah hampir 80%,” ungkapnya.

Sedangkan kirab gunungan apem tersebut mengelilingi desa Kepatihan mulai dari Balai Desa Kepatihan dan finish di depan Balai Desa Kepatihan. Selanjutnya berdoa bersama dengan warga kemudian potong tumpeng juga dihadiri oleh tokoh masyarakat dan ketua ranting NU.

Kemudian warga mengambil dengan cara yang baik tentunya tidak berebut kita berikan kesempatan untuk mengambil apem itu karena mereka meyakini apem itu penuh keberkahan karena sudah diberi doa oleh tokoh agama.

“Megengan dengan kirab atau arak -arakan gunungan Apem mengelilingi desa tahun ini merupakan awal diadakan di desa Kepatihan. Semoga kedepan tradisi ini bisa dilaksanakan setiap tahun,” pungkas Erwin. (lis)