Caption Foto : Personil BPBD Jombang di lokasi bencana gunung Semeru

mediapetisi.net – Pemerintah Kabupaten Jombang telah mengirimkan bantuan peralatan dan sejumlah personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang serta tenaga medis untuk membantu penanganan korban bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang yang terjadi pada Sabtu 4 Desember 2021. Pengiriman personil dan peralatan dilaksanakan pada Sabtu (4/12) malam setelah terjadi erupsi Semeru.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab mengatakan, dua hari yang lalu Pemkab Jombang langsung mengirimkan sejumlah personil BPBD Kabupaten dan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membantu penanganan evakuasi di lokasi bencana erupsi Semeru di Lumajang. “Alhamdulillah Tim dari BPBD Kabupaten Jombang sudah bergerak untuk membantu penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Selain menyerahkan bantuan dari Pemkab Jombang, kita juga mengirim personil dari BPBD Jombang yang terus aktif membantu penanganan di lokasi bencana. Adapun kegiatan Tim BPBD Jombang selama di lokasi bencana antara lain: Operasi PPE (Pencarian, Pertolongan dan Evakuasi), Pengaktifasian Posko, Pemulihan Akses Jalan, Pelayanan Kesehatan Bagi Pengungsi, dan Pendistribusian Air Bersih.

“Mari selalu kita doakan, mudah – mudahan Allah SWT memberikan kesabaran dan kekuatan kepada masyarakat yang terdampak,” ungkap Bupati Jombang, Senin (06/12/2021).

Bupati Mundjidah Wahab menambahkan, hal tersebut merupakan bentuk kepedulian dan kebersamaan daerah-daerah di Jawa Timur (Jatim) untuk membantu para korban erupsi Semeru. “Sudah diawali oleh Ibu Gubernur, sehingga kebersamaan kita sangat luar biasa. Dan Jombang juga sudah mengirimkan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Jombang Abdul Wahab mengatakan untuk membantu penanganan evakuasi akibat erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang,  Pemkab Jombang melalui BPBD Kabupaten Jombang telah mengirimkan 20 orang personil, juga truck rescue, ekskavator, tangki air, truck angkut personil, mobil ranger operasi medan, Jeep operasi medan masing-masing satu unit.

“Selain itu, ada dua ambulance beserta tenaga kesehatan paramedis. Sudah berangkat Sabtu malam, 4 Desember 2021 sampai dengan waktu yang tidak ditentukan,” pungkasnya. (lis)