Caption Foto : Bupati Jombang bersama panitia HKN dan pemenang lomba

mediapetisi.net – Puncak pelaksanaan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 Kabupaten Jombang ditandai melepaskan 57 burung merpati. Dihadiri Forkopimda, Pj. Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Direktur RSUD maupun Rumah Sakit Swasta se Jombang, Ketua TP-PKK, Ketua STIKES se Jombang, Pimpinan Klinik Kesehatan dan Apotek se Jombang, Pimpinan Organisasi Profesi, Pimpinan BPJS, Pemimpin Cabang Bank Jatim, BNI, BRI, Kepala Puskesmas se Kabupaten Jombang. Bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang. Secara virtual diikuti perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Nakes di Puskesmas Wonosalam, Nakes di RSI Jombang, serta dari Klinik Mata Mojoagung. Sabtu (27/11/2021)

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan Hari Kesehatan Nasional ke 57 ini merupakan momentum untuk  bersyukur, karena  Kabupaten Jombang menjadi salah satu Kabupaten yang berhasil menurunkan lonjakan kasus Covid-19 dan masuk PPKM level 1. 57 tahun bukanlah usia yang singkat, banyak pencapaian pembangunan kesehatan yang sudah diraih, namun saat ini dan ke depannya masih banyak kendala dan tantangan yang perlu dihadapi bersama, berkolaborasi secara profesional yang dilandasi moral tetap harus kita kedepankan terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 seperti yang kita alami saat ini.

“HKN Ke 57 tahun 2021 mengambil tema Sehat NegeriKu, Tumbuh IndonesiaKu,  diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku pembangunan termasuk masyarakat umum dan khususnya para pegiat sektor kesehatan untuk terus bangkit dari kondisi pandemi Covid-19. Semoga rangkaian kegiatan memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat sehingga Indonesia bisa Kembali Sehat dan Kembali Tumbuh,” ungkapnya.

Bupati berharap peringatan HKN ini dapat menguatkan kepatuhan kita menerapkan Protokol Kesehatan, meningkatkan target vaksinasi Covid-19, membangkitkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat untuk ikut bergotong royong dalam menyelesaikan pandemi Covid-19, dan memberikan apresiasi kepada para pihak yang telah memajukan pembangunan bidang Kesehatan.

“Marilah peringatan HKN Ke 57 kita jadikan sebagai momentum penyatuan tekad dan semangat sehat negeriku tumbuh Indonesiaku, sehat negeriku tumbuh Jombangku untuk memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia, sekaligus sebagai pengingat, edukasi serta menumbuhkan partisipasi masyarakat agar berperan aktif dalam upaya kesehatan, kita jadikan sebagai pendorong penguatan Fasyankes dalam upaya kesehatan promotif dan preventif. Sehingga seluruh komponen masyarakat dapat kembali produktif di era adaptasi kebiasaan baru untuk hidup sehat,” harapnya.

Berdialog secara Virtual dengan para Nakes yang ada di Wonosalam, RSI Jombang dan Klinik Mata Mojoagung. Bupati menanyakan capaian vaksinasi, kendala yang dihadapi dalam pelayanan kesehatan, serta memotivasi para nakes untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.

Sementara itu, Ketua panitia HKN ke 57 dr. Pudji Umbaran menyampaikan rangkaian kegiatan peringatan HKN ke 57 untuk menyemangati para Nakes yang telah berjuang melawan Covid-19. Kegiatan mulai dari upacara HKN, workshop kesehatan tentang penyakit ginjal, bakti sosial dengan pengobatan gratis di Ngusikan, Jombang dan Wonosalam. Selain itu ada berbagai lomba untuk para Nakes.

“Untuk puncak HKN hari ini Para nakes juga menggelar senam pagi didepan Pendopo dan bagi doorprize serta hiburan. Kami berharap pandemi Covid ini segera berakhir dan kami mengkampayekan agar masyarakat tetap menerapkan prokes dan vaksinasi bisa berhasil dengan baik,” tandasnya. 

Perlu diketahui, Bupati Jombang menyerahkan piagam penghargaan kepada RSUD Jombang, yang berhasil menjadi Rumah Sakit Berkomitmen Terbaik  dalam program JKN Th 2021 Tingkat Nasional Kategori Kelas B yang telah ditandatangani oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti,  MSc, PhD, AAK. Selain itu, Bupati juga menyerahkan penghargaan kepada pemenang berbagai lomba. (lis)