Caption Foto : Bupati Jombang bersama pengurus PPDI

mediapetisi.net – Pelantikan Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan Tembelang, masa bhakti 2021-2026 dipimpin oleh Ketua PPDI Kabupaten Jombang Teguh Wahyudi. Dihadiri oleh Bupati Jombang, didampingi Asisten 1, Kepala DPMD, Camat, Danramil, Pengurus AKD dan Kepala Desa setempat. Bertempat di Pendopo Kantor Desa Kedunglosari Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. Minggu (21/11/2021)

Bupati Mundjidah Wahab mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus baru PPDI Kecamatan Tembelang masa bhakti 2021-2026. Semoga pengurus PPDI bisa amanah, bisa dijadikan alat perjuangan yang kebaikannya dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat Kecamatan Tembelang. Keberhasilan pemerintah daerah dalam melaksanakan fungsi dan programnya adalah atas peran, dukungan dan kontribusi semua pihak. PPDI diharapkan kedepan tetap solid dan selalu bergerak bersama dalam kemasyarakatan dan sosial.

“Saya juga mengajak kepada segenap anggota PPDI untuk selalu menjaga keharmonisan hubungan kerja yang baik dengan Kepala Desa, BPD, RT-RW serta perangkat desa lainnya dan masyarakat. PPDI harus kuat dan kompak sekaligus dapat membantu pemerintahan yang ada di Kabupaten serta menjaga marwah perangkat desa itu sendiri. PPDI merupakan bagian dari leading sektor pembangunan yang harus sama-sama kita jaga harkat dan martabatnya ditengah masyarakat, baik bagi PPDI maupun bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang. Marilah kita bersinergi dalam kekuatan dan kekompakan organisasi,” ajaknya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, agar dapat dijadikan dasar menjaga kinerja dan kerja sama antar pemangku kepentingan di desa. Harmonisasai pembangunan di desa penting untuk mencapai desa yang sejahtera dan maju. Perangkat Desa adalah garda terdepan bagi pembangunan, oleh karena itu harus memahami tugasnya sebagai bagian dari pelayanan masyarakat.

Untuk itu perangkat desa harus punya inovasi, sehingga desa bisa tumbuh dan berkembang, kemudian bisa mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan di desa. Terkait dengan pelayanan, perangkat desa harus responsif terhadap permasalahan warganya. Untuk itu perangkat desa harus bisa mengambil peran, inisiatif, kreatif, inovatif untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

“Segera lakukan konsolidasi anggota, jangan pernah ada gesekan antar pengurus atau anggota, lewat PPDI mari saling bekerja sama, jalin komunikasi yang baik dengan Kades, BPD hingga Camat. Pemkab Jombang senantiasa membutuhkan dukungan, sinergi dan kerjasama dengan seluruh pengurus dan anggota Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Jombang demi mendukung tercapainya visi bersama mewujudkan Jombang yang Berkarakter Dan Berdaya Saing,” tandas Bupati Mundjidah. 

Sementara itu Ketua PPDI Kabupaten Jombang, Teguh Wahyudi,  menyampaikan, dengan adanya Persatuan Perangkat Desa di Kecamatan Tembelang khususnya dan di Kabupaten Jombang, anpa melupakan tugas serta fungsinya sebagai seorang perangkat desa. Keberadaan PPDI bukan untuk menjalin kekuatan tetapi membantu tugas kepala desa dalam melaksanakan program yang ada di pemerintah tingkat desa. Sehingga setiap program dapat berjalan dengan lancar serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, sampai kapan pun Perbup nomer 10 tentang tunjangan tanah bengkok di pertahankan. Dirinya berharap, Jombang sangat memperhatikan serta mensejahterakan perangkat desa karena begitu berat tugas dan tanggung jawab di pemerintahan desa

“Kami berharap ada kepedulian dari Pemerintah Kabupaten Jombang, terhadap aparatur Pemerintah Desa. Apabila, kami purna tugas ada kepedulian dari Pemerintah Kabupaten Jombang. Kami tidak menuntut banyak karena kami adalah ujung tombak Pemerintahan yang berhadapan langsung dengan masyarakat serta melaksanakan program dari Pemerintah,” pungkasnya. (lis)