Caption Foto : Bupati Jombang saat dikukuhkan sebagai Bunda PAUD

mediapetisi.net – Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dikukuhkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai Bunda PAUD Kabupaten Jombang, bersama dengan Bunda PAUD se-Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Senin (20/9/2021)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap, setiap Desa harus memiliki lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PAUD yang Holistik Integratif yakni pendidikan yang mengintegrasikan segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan seperti nilai moral, etis, religius, psikologis, filosofis, dan sosial.

“Mungkin ada sarpras-nya (sarana dan prasarana) yang kurang atau mungkin pembinaan guru PAUD yang harus dikuatkan,” harapnya.

Pada Pengukuhan yang juga dihadiri Direktur Pembinaan Guru TK dan PAUD dan Direktur PAUD dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Gubernur juga meminta untuk segera ada rakor khusus membahas 11 Program Program Esensial PAUD.

Berbicara tentang pendekatan holistik integratif, Gubernur Khofifah mengakui, bahwa PR (pekerjaan rumah) nasional adalah menurunkan stunting secara lebih signifikan. Antara lain salah satunya di saat anak anak mengikuti pendidikan PAUD, juga menjadi penting agar asupan gizinya semua termonitor dengan baik.

“Karena Bapak Presiden itu melihat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kita, daya saingnya itu dari tiga item. Pertama adalah dari stunting, dua Angka Kematian Ibu (AKI), tiga Angka Kematian Bayi (AKB). Tiga hal ini sudah melekat pada Bunda PAUD,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang menyampaikan bahwa dengan doa restu dan dukungan semua pihak, Kepala OPD terkait, Ketua  Penggerak PKK akan melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap layanan PAUD di Kabupaten Jombang, dan melakukan pendampingan, koordinasi, sinkronisasi, sinergitas lintas program dan sektor terkait dalam pembinaan layanan PAUD di Kabupaten Jombang.

“Saya akan menjalankan amanah yang diberikan ini dengan sebaik mungkin, dan akan mengkoordinasikan, mengkolaborasikan dengan Ketua Tim Penggerak PKK, OPD terkait, Organisasi Mitra, Profesional atau pemangku kepentingan lainnya guna mewujudkan layanan PAUD yang berkualitas, yang holistik integratif sebagaimana harapan Gubernur Jatim,” pungkasnya. (lis)