Caption Foto : Kapolres Jombang saat memimpin apel

mediapetisi.net – Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho SIK pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Semeru 2021 ditandai dengan penyematan pita operasi kepada perwakilan peserta dari personel Satlantas, PM dan Dishub. Bertempat di halaman Mapolres Jombang. Senin (20/9/2021)

Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho  menyampaikan Operasi Patuh Semeru tahun 2021 mengedepankan kegiatan yang bersifat preemtif dan preventif terutama dalam rangka sosialisasi kepatuhan protokol kesehatan kepada masyarakat selain juga memberikan edukasi keselamatan berlalu lintas. Masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada dengan menerapkan 5M agar gelombang penyebaran Covid-19 tidak terjadi kembali di wilayah Jawa Timur sehingga roda perekonomian dan kegiatan sosial lainnya dapat berjalan kembali normal.

Saat ini di wilayah Jawa Timur sudah mengalami penurunan level PPKM dimana pembatasan kegiatan masyarakat sudah dikurangi dan beberapa area publik sudah dimulai dibuka kembali, sehingga perlu diwaspadai adanya peningkatan pergerakan kendaraan atau moda transportasi yang dapat menimbulkan kemacetan dan kecelakaan terutama pada areal trouble spot, selain itu juga yang perlu diantasipasi adalah kerumunan massa di lokasi wisata dan pusat hiburan masyarakat lainnya guna mencegah penyebaran Covid 19 agar kejadian pada saat bulan Mei hingga Juli 2021 tidak terulang kembali.

“Kepada seluruh peserta apel gelar pasukan Operasi Patuh Semeru 2021 untuk melakukan mapping terhadap lokasi-lokasi yang rawan terjadinya penumpukan massa, rawan kecelakaan, kemacetan, dan pelanggaran lalu lintas. Kedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara edukatif dan humanis sehingga dapat meningkatkan kepercayan masyarakat terhadap Polri. Berdayakan sumber daya operasi untuk membantu pemerintah dan operasi tidak diperbolehkan melakukan tindakan kontra produktif yang dapat menurunkan citra Polri, jaga kesehatan dan tetap pedomani protokol kesehatan dan laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab agar Polri yang Presisi bisa terwujud,” jelasnya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Jombang AKP Rudi Purwanto saat dikonfirmasi mengatakan operasi patuh semeru tahun 2021 diprioritaskan kegiatan simpatik dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 diantaranya edukasi protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas berupa bakti sosial, bagi masker, serta pemasangan stiker imbauan protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas.

“Operasi Patuh Semeru 2021 akan dilaksanakan selama 14 hari, dari tanggal 20 September sampai dengan 3 Oktober 2021. Sedangkan target operasi patuh semeru 2021 diantaranya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta mencegah terjadinya kerumunan massa, terciptanya Kamseltibcar lantas pada jalur tol, arteri dan tempat wisata, memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah fatalitas korban laka lantas serta menurunkan level PPKM di wilayah Jawa Timur,” pungkasnya. (lis)