Caption Foto : Alat berat saat membersihkan sampah di sungai Barong Sawahan

mediapetisi.net – Bencana alam banjir yang melanda wilayah Kecamatan Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang sampai hari ini belum surut. Untuk itu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Jombang melakukan penanganan di Sungai Avfour Besuk. Jum’at (5/2/2021)

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jombang Miftahul Ulum saat dikonfirmasi mengatakan bahwa banjir yang terjadi wilayah kecamatan Bandar Kedungmulyo tersebut karena datangnya debit air yang sangat besar di hulu Sungai Konto Kediri yang akhirnya menyebabkan jebolnya tanggul di hilir rolag 70 berdampak melubernya di Avfour Besuk.

“Untuk penanganannya, hari ini kami belum berhasil menutup tanggul yang longsor dikarenakan karena sampah dari atas masih cukup banyak dan menutup pintu Dam Gude sehingga air mkin deras di titik patahan tanggul. Sedangkan air dari hulu masih tinggi dan bongkot bambu yang kami tancapkan tidak bisa sampai ke tengah juga dalam,” terangnya.¬†

Penanganan selanjutnya diperlukan langkah – langkah alternatif diantaranya dengan memasang pengaman bambu terucuk untuk mengamankan tanggul supaya tidak makin melebar. Selain itu, Dinas PUPR mendatangkan minipile dari BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) dan menambah jumbo bag dari SDA Provinsi.

“Besuk setelah minipile datang langsung alat berat bergerak menancapkan krmbali tiang – tiang sebagai penyangga jumbo bag. Kami juga menyampaikan kepada Camat Bandar Kedungmulyo dan beberapa Kepala Desa terkait upaya yang sudah dilakukan Pemkab Jombang juga rencana alternatif penanganannya besuk, supaya warga tetap tenang dan hati – hati,” jelas Ulum.

Sementara itu, Camat Bandar Kedungmulyo Mahmudi saat dikonfirmasi mengatakan bahwa sampai saat ini banjir yang melanda wilayahnya belum surut  masih menggenangi jalan Provinsi maupun jalan Desa, persawahan dan rumah warga sekitar kuarang lebih 30 Cm. Sedangkan untuk posko BPBD dan dapur umum Dinsos Kabupaten Jombang berada di Kantor Kecamatan Bandar Kedungmulyo dan Warga diungsikan di Kantor Balai Desa Setempat.

“Saat ini warga sudah mendapatkan bantuan kesehatan berupa obat – obatan dan tenaga medis dari Pukesmas Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Warga yang terdampak banjir sudah mendapat bantuan dari BPBD Jombang berupa perahu karet untuk keperluan warga serta pagi mendistribusikan logistik berupa nasi bungkus. Sampai saat ini untuk bantuan tidak ada kendala di lapangan,” pungkasnya. (Lis)