Caption Foto : Bupati Jombang bersama santri IPPNU

mediapetisi.net – Bupati Jombang hadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) hari kedua Ikatan Pelajar Putri Nahdhatul ‘Ulama (IPPNU) untuk berbagi ilmu tentang kepemudaan dan kepemimpinan perempuan. Bertempat di Aula Yayasan Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. Jum’at (24/1/2019).

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab dalam rakernas IPPNU berbagi pengalamannya menjadi Ketua IPPNU Kabupaten Jombang, bahkan juga berkiprah di Fatayat dan sekarang di Muslimat. Perjalanannya dalam memulai kepemimpinannya dari menjadi anggota DPR hingga menjadi Bupati Jombang saat ini.

“Saya bisa menjadi pengurus Muslimat memulai dari organisasi IPPNU dan langsung menjadi Ketua Muslimat dirasakan berbeda dari cara penyampaian informasi, cara bicara dan etikanya. Pengkaderan yang paling berkesan bagi saya adalah di tingkat IPPNU, karena IPPNU merupakan pengenalan berorganisasi dan pengenalan NU dengan berbagai pelatihan didalamnya yang dapat dirasakan manfaatnya,” ungkapnya.

Menurut Mundjidah, pembagian komisi yang ada di IPPNU dapat dijadikan pembelajaran pada saat berada di pemerintahan yang dalam strukturnya hampir sama, serta dapat dijadikan pembelajaran sebagai tempat berlatih diskusi untuk menyampaikan pendapat, serta membangun karakter.

Anggota IPPNU harus memiliki 4 sifat yang dicontohkan para Rosul diantaranya Shidiq (benar/jujur), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan) dan Fathonah (Cerdas) yang keempatnya jika dilaksanakan menjadikan kader IPPNU menjadi pemimpin masa depan yang hebat, karena mulai digembleng sejak muda dalam organisasi IPPNU.

“Saya sangat mensupport Rakernas IPPNU dengan memenuhi kebutuhan organisasi IPPNU, baik panitia, anggota maupun peserta dan akan terus mendukung segala program IPPNU,” terangnya.

Sementara itu, pimpinan pusat IPPNU, Nanik Maulida saat diwawancarai mengatakan bahwa, Rakernas dan gelar karya santri saat ini dilaksanakan selama 3 hari, pada tanggal 23-25 Januari 2020 di Gedung serbaguna Bahrul ‘Ulum yang telah dibuka oleh Wakil Presiden RI dan menteri, serta pejabat terkait. Rakernas dirangkai dengan berbagai kegiatan, diantaranya seminar dengan melibatkan tokoh sangat kompeten pada bidangnya sesuai dengan pembahasan yang disampaikan dan komisi yang sesuai dengan rakernas.

“Saya berterima kasih kepada Bupati Jombang yang telah turut hadir dan ┬ámemberikan support seluruh rangkaian acara rakernas IPPNU mulai sebelum acara dan diharapkan hingga nanti Rakernas selesai. Kehadiran Bupati bertujuan untuk berbagi ilmu tentang kepemudaan dan kepemimpinan perempuan dan Nanik berharap rakernas ini dapat membawa program IPPNU kedepan yang lebih baik dan sebagai bentuk evaluasi selama setahun menjalankan tugas pimpinan pusat IPPNU, sehingga kedepan lebih maju dan lebih dikenal hingga ranah Internasional,” pungkasnya. (rin)