Caption Foto : Kepala Dinas Koperasi dan UM Muntholip saat membuka PK2UMK Vokasi membatik dengan memukul gong

mediapetisi.net – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jombang melaksanakan peningkatan kapasitas, usaha mikro dan kecil (PK2UMK) vokasi membatik koperasi sehat usaha mikro kuat, manfaat barokah bersama koperasi dan usaha mikro selama 3 hari iikuti oleh 40 peserta.

Dihadiri Perwakilan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur dan tenaga ahli dari praktisi batik serta akademisi dari ITS Surabaya selaku narasumber, dan Kepala serta Sekretaris Dinas Koperasi dan UM Kabupaten Jombang. Bertempat di Sanggar Pesona Batik jalan Basuki Rahmat, Dusun Jambu gang 2 No. 12 Desa Jabon Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Selasa (28/06/22) 

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jombang, Muntholip menyampaikan peningkatan kapasitas, usaha mikro dan kecil (PK2UMK) vokasi membatik merupakan salah satu upaya Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dalam memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan membatik, merumuskan dan menciptakan desain batik Jombang bagi Gerakan Koperasi dan usaha mikro Kabupaten Jombang yang mencerminkan kehidupan masyarakat dan perkembangan koperasi dan usaha mikro. 

“Kegiatan peningkatan kapasitas koperasi usaha mikro dan kecil vokasi membatik dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 28 sampai 30 Juni 2022 dengan narasumber dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur dan tenaga ahli dari praktisi batik serta akademisi dari ITS Surabaya,” ungkapnya.

Menurut Muntholip, peserta yang mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas koperasi usaha mikro dan kecil vokasi membatik sebanyak 40 orang dari anggota gerakan koperasi dan pelaku usaha diantaranya dari Desa Jatipelem Kecamatan Diwek, Desa Plosokerep Kecamatan Sumobito, Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam serta difabel dari jabon dan forum ekonomi syariah. 

Tidak hanya itu, Muntholip juga mengatakan peserta yang mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas koperasi usaha mikro dan kecil vokasi membatik merupakan peserta yang berperan aktif memberikan kontribusi pemikiran dalam menciptakan desain batik jombangan bagi Gerakan Koperasi dan Usaha Mikro yang mencerminkan filosofi, budaya, kondisi alam dan perkembangan koperasi dan usaha mikro di Kabupaten Jombang.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat khususnya bagi Gerakan Koperasi bisa mendapatkan pengetahuan  untuk mengembangkan usaha batik jombangan selain usaha simpan pinjam. Dan kegiatan ini bisa sebagai motivasi Gerakan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jombang, karena batik jombangan memiliki desain batik sebagai branding dan identitas organisasi serta menambah khasanah motif batik Jombang yang telah ada,” pungkas Muntholip. (lis)