Caption Foto : Bupati Jombang saat melantik KDAW Desa Bandung

mediapetisi.net – Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Anang Fauzi sebagai Kepala Desa Antar Waktu (KDAW) Desa Bandung oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab. Dihadiri Waka Polres, Kasdim 0814, Kasi Intel, Perwakilan Ketua PN dan Dansatradar 222, Staf Ahli, Kepala DPMD, Kepala Diskominfo, Kabag. Hukum, Forkopimcam Diwek, Pj. Kades serta Kepala Desa se Kecamatan Diwek, Perangkat Desa serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. Bertempat di Pendopo Balai Desa Bandung Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Selasa (28/6/2022)

Sebelumnya, Anang Fauzi berhasil memenangkan pemilihan Kades PAW pada awal Juni lalu, ia berhasil unggul memperoleh 176 suara dari dua calon yang bersaing dalam Musyawarah Desa (Musdes) waktu itu.

Anang Fauzi, S.H., dilantik sebagai Kepala Desa Antar Waktu Desa Bandung dan jabatannya sampai 5 Desember 2022 sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Jombang No: 188.4.45/195/415.10.1.3/2022 tentang Pengangkatan Kepala Desa Antar Waktu Desa Bandung Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, sebagaimana yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sholahuddin Hadi Sucipto S.STP, M.Si.

Usai melakukan prosesi pelantikan, Hj. Mundjidah Wahab dalam sambutannya menyampaikan kepada kepala desa terpilih agar segera menjalin kembali silaturahmi kepada seluruh pihak maupun masyarakat Desa Bandung.

“Segera lakukan penyatuan dan eratkan kembali masyarakat Desa Bandung karena kepala desa adalah palayan masyarakat (khadimul ummah) tanpa memandang status profesi dan ikatan sosial,” ucapnya.

Menurut Bupati Mundjidah, suksesnya pemilihan kepala desa antar waktu Desa Bandung merupakan cerminan masyarakat Jombang yang demokratis dan realisasi kedaulatan rakyat.

“Terlebih di era keterbukaan informasi saat ini kepala desa tidak boleh risih terhadap keluhan atau pertanyaan warganya mengenai penyelenggaraan pemerintajan desa, sehingga saudara harus responsif terhadap tuntutan dan kebutuhan warga desa,” terangnya. 

Terkait pengelolaan dana desa, Mundjidah meminta kepada kepala desa terpilih menggunakan dana desa sesuai dengan skala prioritas dan menghindari perilaku korupsi.

“Saya berharap dan optimis atas kinerja saudara dalam mengentaskan kemiskinan di level desa. Untuk itu jadilah pemimpin desa yang inovatif dan mampu membawa perubahan desa menjadi lebih baik pada periode lanjutan ini. Mulailah memetakan potensi yang saudara miliki, memanfaatkan dana desa untuk mengembangkan potensi desa agar berdampak pada kesejahteraan masyarakat yang saudara pimpin,” harapnya.

Bermitralah dengan Badan Permusyawaratan Desa dan lembaga desa yang ada di Desa Bandung, untuk kemajuan dan pembangunan desa. Berdayakan pula Tim Penggerak PKK Desa secara maksimal, agar para perempuan di Desa Bandung dapat mengambil peran dalam setiap kebijakan pemerintah desa. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi serta koordinasi dengan Camat apabila terdapat permasalahan di desa ataupun hal-hal lain yang memerlukan petunjuk lebih lanjut. 

“Mari membangun dan mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya saing, yang dimulai dari level desa melalui kecakapan dan profesionalisme kepala desa dan jajaran pemerintah desa, yang kemudian mampu mengangkat potensi desa memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” ajak Mundjidah.

Perlu diketahui, Anang Fauzi menggantikan Muhtarom Kepala Desa sebelumnya yang meninggal pada tahun 2021. Sepeninggal Muhtarom, Desa Bandung dijabat oleh Pj (Penjabat) Kades sebelum Anang Fauzi terpilih melalui Musdes pada awal bulan Juni 2022.

“Selamat dan sukses kepada kepala desa Bandung yang baru dilantik semoga pelantikan hari ini menjadi awal pengabdian yang tulus, ikhlas bagi saudara untuk membangun dan memajukan Desa Bandung,” pungkas Mundjidah. (lis)