Caption Foto : Kepala Bakesbangpol saat diwawancarai

mediapetisi.net – Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab diwakili oleh Staf Ahli Bupati Badan Keuangan Ekonomi dan Pembangunan, Fahrudin Widodo buka sosialisasi aplikasi KESBANGPOLSMART yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jombang. Diikuti oleh perwakilan anggota organisasi masyarakat (Ormas), partai politik, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Kabupaten Jombang. Bertempat di Ruang Bung Tomo Kantor Pemerintah Kabupaten Jombang. Kamis (22/12/22) 

Staf Ahli Bupati Badan Keuangan Ekonomi dan Pembangunan, Fahrudin Widodo menyampaikan, atas nama masyarakat dan pemerintah Kabupaten Jombang sangat mendukung atas pelaksanaan sosialisasi aplikasi KESBANGPOLSMART. 

“Sesuai dengan era digital saat ini, Kita patut berbangga hati karena Kesbangpol Jombang sudah membuat dan mempunyai tiga macam aplikasi untuk melayani masyarakat diantaranya KESBANGPOLSMART, BANG DENI, BANGSIPOLMAS. Aplikasi tersebut dapat bermanfaat untuk memperkuat dan memperkuat persatuan dan kesatuan,” terangnya.

Selain itu, Widodo juga mengatakan, Bupati Jombang mengajak pimpinan parpol dan ormas untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu baik sebagai pemilih maupun pemilu. 

“Bupati Jombang juga mengapresiasi segenap partai politik dan organisasi masyarakat. Dan kami minta tolong pada partai politik serta organisasi masyarakat agar memberi edukasi pada masyarakat terkait partisipasi masyarakat. Sebab ada beberapa titik kecamatan kita yang partisipasi masyarakatnya masih kecil atau rendah. Jika partisipasi Kecamatan tinggi artinya akan memberikan kontribusi yang sangat besar pada kegiatan Pemilu Raya maupun proyek-proyek pembangunan Pemerintah Kabupaten Jombang,” jelasnya.

Lanjut Widodo, tidak hanya pemerintah, partai politik dan organisasi masyarakat memiliki tanggung jawab yang sangat besar kepada masyarakat untuk mampu membangkitkan semangat masyarakat dalam berpartisipasi aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Diperlukan komitmen bersama dari seluruh elemen masyarakat dan Partai politik dalam memahami persoalan dalam kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu kami berharap partai politik dan organisasi masyarakat dapat berperan aktif membangkitkan semangat masyarakat dalam berpartisipasi aktif di kehidupan berbangsa dan bernegara serta menjaga kesejahteraan masyarakat dari problematika kehidupan. Sehingga terwujud visi misi Jombang berkarakter dan berdaya saing,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Jombang Anwar menyampaikan Pemerintah Kabupaten Jombang sudah launching program Srikandi, dimana semua pelayanan surat menyurat tidak ada melalui surat manual melainkan serba elektronik. Oleh sebab itu, Kesbangpol tidak ingin ketinggalan.

“Sampai saat ini kita memiliki 3 aplikasi pelayanan masyarakat salah satunya yang hari ini disosialisasikan yakni KESBANGPOLSMART. Aplikasi ini dibuat karena kami melihat dan juga mendapatkan saran terkait perkembangan kondisi yang ada di Kabupaten Jombang,” bebernya.

Toak hanya itu, Anwar mengatakan, sebelumnya Kesbangpol Jombang memiliki aplikasi Bang Deni yakni aplikasi pelaporan untuk masyarakat mulai dari tingkat desa sampai dengan kabupaten secara berjenjang. Kesbangpol Jombang tidak akan meninggalkan pemerintah dengan cara berjenjang pula. Bang deni adalah aplikasi laporan kelengkapan terkait dengan deteksi dini (ancaman, pantangan, hambatan, dan gangguan). 

“Walaupun diselesaikan ditingkat desa tetapi kabupaten tetap memantau kegiatan permasalahan ditingkat desa kecamatan yang berkembang. Sehingga kita berpartisipasi permasalahan dikabupaten Jombang. Harapannya, laporan yang berada di WhatsApp grup nantinya akan diganti dengan saving aplikasi Jombang berdeteksi dini dan harapannya aplikasi ini dapat memudahkan kita dalam mengerjakan tugas serta melayani masyarakat,” pungkasnya. (lis)