Caption Foto : Asisten 3 drg. Subandriyah saat menerima penghargaan dari Kemenkominfo RI

mediapetisi.net – Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Dr. drg. Subandriyah, M.KP., menerima penghargaan “Indonesia Smart City 2022” dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang diserahkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc., M.M.

Penghargaan ini diberikan dalam acara Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022 dengan Tema “Recover Together, Recover Stronger”, di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat. Kamis (1/12/2022)

Hadir mendampingi Asisten Administrasi Umum Setdakab Jombang Dr. drg. Subandriyah, M.KP diantaranya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Budi Winarno, S.T., M.Si., dan Kepala Bidang Aplikasi Informatika Dinas Kominfo, Wicaksono Setyo Putro, S.Si., M.Eng.

Acara ini diselenggarakan selama dua hari, yakni 30 November – 1 Desember 2022. Pada hari pertama kegiatan “Forum Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2022”, menghadirkan narasumber Direktur Layanan Aplikasi Bambang Dwi Anggono, S.Sos., M.Eng., yang menyampaikan materi  tentang Transformasi Digital dalam Birokrasi. Sementara itu dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyampaikan tentang Pemerintahan Digital.

Selanjutnya dalam sesi Sharing “Mari Kolaborasi”, dipaparkan mengenai solusi smart city dari Nodeflux, Hub.ID, dan Mall Sampah. Dalam sesi “Knowledge Sharing”, sebagai pemateri dari Tokopedia menyampaikan “How Data Analytics Help Data Driven Culture”, Microsoft mengenai “Platform Pemerintah Digital Using Cloud Technology”, dan Qlue tentang “Peran Sektor Swasta dalam Mendukung Transformasi Digital untuk Peningkatan Pelayanan Publik”.

Pada hari kedua bertajuk “Seminar dan Pameran GMSC 2022”. Dalam Diskusi Panel 1, mengambil tema “Pentingnya Inovasi Digital yang Inklusif dan Berkelanjutan”, disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Teknologi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Setiaji, S.T., M.Si.

Dalam Diskusi Panel 2, mengambil tema “Menciptakan kota cerdas yang adaptif, kolaboratif, dan berkelanjutan”, disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A. IPU.

Dalam Diskusi Panel 3, mengambil tema “Pentingnya Menjalankan Rencana Induk Gerakan Menuju Smart City”, disampaikan oleh Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah, S.E, Walikota Madiun H. Maidi, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Statistik dan Persandian Kota Surakarta Heny Ermawati, SH, M.Hum

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan prosesi pemberian penghargaan kepada Kabupaten/Kota peserta Gerakan Menuju Smart City 2022. (lis)