Caption Foto : Ilustrasi 

mediapetisi.net – Ada seorang pria yang berinisial R (45) warga Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang dengan bejatnya mencabuli hingga menyetubuhi Mawar (14) anak kandungnya sendiri dari usia 10 tahun.

Kasat Reskrim Polres Jombang, AKP Giadi Nugraha menjelaskan aksi pencabulan hingga persetubuhan yang dilakukan tersangka R ini dilakukan pada tahun 2019 silam. Karena orang tuanya bercerai dan korban ikut bapaknya. Kejadian tersebut saat korban masih di bangku SD.

“Awalnya itu dicabuli hingga sampai persetubuhan. Pelakunya ayah sendiri, korban dan ayahnya tinggal serumah, sementara ibu korban tinggal di luar kota,” terang Giadi. Senin (15/9/2022)

Menurut Giadi, aksi tersangka terbongkar saat korban tinggal di rumah ibunya yang ada di Surabaya. Saat itu tersangka pada bulan Februari, hendak mengajak pulang korban ke Bareng Jombang. Tetapi korban menolak dan akhirnya bercerita kepada ibunya pada tahun 2022 ini.

“Akhirnya ibu korban melaporkan peristiwa yang dialami Mawar ke Polda Jatim karena rumahnya di Surabaya. Kemudian sama Polda terus diarahkan ke Polres Jombang tanggal 22 Mei, tahun 2022. Dan pelakunya ditangkap pada tanggal 17 Agustus 2022. Berdasarkan hasil pemeriksaan, tersangka mengaku pada penyidik melakukan persetubuhan hanya satu kali di tahun 2019 dan korban mengaku seringnya dicabili,” jelas Giadi.

Tersangka beralasan lama menduda dan merasa kesepian sehingga tega melakukan perbuatan tersebut. Awalnya dari bekerja capek dan akhirnya bernafsu pada anaknya dan dilakukan di rumah tersangka. Korban sempat diancam sama bapaknya, kalau teriak akan dipukul.

“Tersangka ditahan di Polres Jombang dan diduga melanggar pasal persetubuhan yakni pasal 81 No.17 tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No.1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU RI No.23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi Undang-Undang. Dengan ncaman hukumannya minimal 5 tahun maksimal 15 tahun penjara,” pungkas Giadi. (lis)