Caption Foto : Gubernur Khofifah terima penghargaan dari Mendagri

mediapetisi.net – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghadiri kegiatan Penyerahan Rekor MURI kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Penghargaan Mendagri kepada Kepala Daerah dalam rangka Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih, di Jakarta. Senin (5/9/2022)

Selain Jawa Timur, ada beberapa daerah lain yang menerima penghargaan secara langsung antara lain Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Jambi, Provinsi Papua, Kota Surabaya, Kota Banda Aceh, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Banggai, Kabupaten Bone, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Mappi, dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menerangkan mengenai keberagaman Indonesia sebagai sebuah keunikan yang harus dijaga.

“Tidak banyak negara seperti Indonesia. Negara kepulauan terbesar di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, 17.000 pulau dengan 3 zonasi waktu. Kita adalah negara yang sangat plural, ini sesuatu yang unik dan harus dijaga, ada lebih dari 1.300 suku, 700 bahasa lokal, kemudian beragam ras dan keturunan, keagamaan, dan keragaman lainnya,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, Mendagri Tito juga menjelaskan mengenai 3 (tiga) syarat utama untuk menjadi negara ekonomi terbesar di dunia. Pertama, adanya angkatan kerja yang besar yang menjadi mesin produksi. Kedua, memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah. Ketiga, memiliki luas wilayah yang besar untuk menampung mesin produksi.

“Kalau kita melihat 3 syarat itu, tidak banyak negara yang memiliki kemampuan itu. Indonesia memiliki harapan itu. Tapi modal yang paling penting sekali adalah kita harus menjaga bangsa Indonesia tetap menjadi satu persatuan. Kita harus solid dalam berbagai gelombang. Harus menjadi satu bangsa, terlepas dari semua keberagaman yang ada. Keberagaman adalah kekayaan bagi kita, bukan pemecah,” tegas Tito.

Perlu diketahui, seluruh Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Kota juga akan menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri atas semangat dan soliditas kebersamaan menyukseskan Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih. Penghargaan tersebut nantinya akan dikirimkan secara elektronik.  (hms/lis)