Caption Foto : Kepala Bidang Perindustrian Isnainiyah saat membuka Pelatihan MEP

mediapetisi.net – Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang melaksanakan Pelatihan Teknis Basic MEP (Mechanical Electrical Plumbing) dibuka oleh Kepala Bidang Perindustrian Isnainiyah. Diikuti 25 peserta Anggota Koperasi Semar Slag Alumunium Desa Bakalan Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang.

Kepala Bidang Perindustrian Isnainiyah saat dikonfirmasi mengatakan pelatihan dari Mechanical Electrical Plumbing (MEP) dengan peserta 25 dari anggota Koperasi Semar Slag aluminum di Desa Bakalan tersebut diadakan agar semua paham, dan mengerti tentang pelistrikan dengan Plumbing tentang akibat kebakaran, dan lain sebagainya. 

Fungsi sistem instalasi MEP disuatu gedung merupakan suatu kelengkapan fasilitas bangunan yang digunakan untuk menunjang tercapainya unsur kenyamanan, kesehatan, keselamatan, kemudahan komunikasi dan mobilitas dalam bangunan.

“Karena disuatu pabrik, apabila ada kerusakan listrik dan lain sebagainya tidak semena-mena langsung dia mengambil dari teknisi yang dari luar. Kalau dari luar jelas mengeluarkan biaya, jadi intinya bahwa MEP bisa sendiri, diatasi oleh anggota koperasi sebagai pengelola slag alumunium,” terang Isnainiyah. 

Selain itu, nantinya biaya tidak terlalu tinggi, dan agar penambahan omsetnya banyak. Untuk itu, anggota koperasi slag alumunium tersebut harus paham kelistrikan, harus paham masalah plumbing karena apabila ada kebakaran, dan masalah masing-masing jika terjadi kerusakan dapat mengatasi sendiri.

“Sehingga direncanakan ada suatu bengkel untuk mesin-mesin yang begitu banyak, tapi MEP izinnya tentang masalah listrik dan plumbing saja. Nama koperasi nya adalah Semar. Kami berpesan setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini maka diharapkan para teknisi menjadi lebih paham bagaimana cara merawat dan memelihara slag alumunium demi kenyamanan masyarakat atau pengguna,” harapnya.

Selanjutnya pelatihan MEP tersebut dengan Narasumber dari Sidoarjo Dodi Ali MEPnyaitu untuk khusus  Plumbing 1 dan untuk Mechanical dan Eletrical juga 1. (lis)