Caption Foto : Bupati Jombang saat ngecek aliran gas pertama jaringan gas

mediapetisi.net – Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menandai Pengaliran Gas Pertama Jaringan Gas (Jargas) Rumah Tangga di Kabupaten Jombang Tahun Anggaran 2021 dengan melakukan pemotongan pita serta melakukan uji coba langsung memasak di rumah salah satu warga. Bertempat di depan kantor Balai Desa Tambakrejo Kecamatan/Kabupaten Jombang (20/1/2022)

Tampak hadir Ketua DPRD Mas’ud Zuremi, Wakil Ketua Doni Anggun, Pejabat Pembuat Komitmen Pembangunan Jargas Rumah Tangga Paket 16 Dirjen Kementrian ESDM Erikson Alfredo Simanjuntak. Project Manager PT. Hutama Karya, Yanuar Tri Wibowo. Mewakili General manager PT. Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN)  Operation Region III (SOR III) selaku operator, Hamalsyahan. Vice President Human Capital and it Kangean Energy Indonesia selaku Pemasok Gas, Imam Santoso. Sekretaris Daerah Agus Purnomo, Kepala OPD, Gus Hasib, Asisten, Forpimcam Jombang dan Tembelang; Tim Pelaksana Pembangunan Jargas Jombang, Kepala Desa yang mendapatkan jargas, yaitu Kepala Desa Kepatihan, Pulo Lor, Jombang, Sambong dukuh, Tambakrejo, Mojokrapak, Pesantren, Tembelang, Sentul, Kepala Desa Bedahlawak dan Pulogedang.

Bupati Mundjidah menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yakni Kementerian ESDM yang telah memberikan fasilitas program Jaringan Gas Rumah Tangga. Jargas merupakan satu bentuk kepedulian Pemerintah untuk membantu masyarakat. Semoga jargas yang terbangun di Kabupaten Jombang sebanyak 6.422 sambungan rumah, dapat membawa manfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Terima kasih juga kepada Camat dan Kepala desa, yang telah mendukung pembangunan jargas di kabupaten Jombang dan berharap terus bersinergi dengan baik. Jargas di Kabupaten Jombang ada di 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Jombang yakni 5 desa dan Kecamatan Tembelang ada di 6 desa. Fasilitas yang sudah terbangun supaya dimanfaatkan dengan maksimal dan saling menjaga infrastruktur jargas sehingga tetap aman,” terangnya.

Bupati juga menyampaikan keluhan masyarakat untuk rekondisi yang belum terselesaikan. Karena masih ada pemeliharaan dan pembenahan, mohon ada perhatian agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan terjadi, seperti kecelakaan, atau terperosok. Keluhan masyarakat tolong direspon dan mendapatkan perhatian. Saya berharap kepada pelaksana agar semuanya bisa dikembalikan seperti semula, dan saling menginformasikan untuk hasil yang baik. 

“Kami menghimbau para warga penerima manfaat/calon pelanggan ikut mengamankan serta memelihara infrastruktur jargas untuk rumah tangga yang telah dibangun Kementerian ESDM dengan menggunakan dana APBN ini. Sehingga manfaat gas bumi untuk sektor rumah tangga sebagai bahan bakar yang murah, aman, nyaman ramah lingkungan dapat terwujud di Kabupaten Jombang. “Harapan kami kepada Bapak Dirjen Migas agar bisa memberikan bantuan pengelolaan jargas yang telah terpasang ini, serta tambahan jargas,” harapnya.

Usai launching Pengaliran Gas Pertama Jargas Rumah Tangga Di Kabupaten Jombang berjalan lancar, Bupati Mundjidah langsung melihat lokasi Jargas yang ada di salah satu rumah warga, untuk mencoba langsung menggoreng menggunakan Jaringan Gas. Bupati juga berpesan kepada warga untuk mematuhi aturan yang ditetapkan dalam pemanfaatan Jargas.

“Saya berharap warga mendapatkan sosialisasi yang detil bagaimana langkah-langkah antisipasi agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan apalagi terjadi kebocoran dan sebagainya ketika digunakan,” tandasnya. (lis)