Caption Foto : Suasana hearing Komisi B DPRD Jombang

mediapetisi.net – Komisi B DPRD Kabupaten Jombang gelar Hearing dengan Dinas Pertanian terkait usulan pengadaan hibah Pupuk Organik Cair (POC) di ruang Komisi B Kantor DPRD Kabupaten Jombang. Rabu (10/8/2022)

Ketua Komisi B DPRD Jombang Sunardi saat diwawancarI mengatakan bahwa rekomendasi komisi B DPRD Kabupaten Jombang atas usulan pengadaan hibah pupuk organik cair diantaranya secara prinsip menyetujui usulan ini dalam rangka upaya peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Jombang. 

“Hibah pupuk organik cair dilakukan karena semakin berkurangnya alokasi pupuk kimia bersubsidi oleh pemerintah setiap tahun dan untuk tahun 2020 ini masih ada ketimpangan antara kebutuhan pupuk sesuai anjuran dengan alokasi yang tersedia,” ungkapnya.

Maka diperlukan kebijakan pemerintah daerah yang tepat dalam rangka mencukupi kekurangan akan kebutuhan pupuk tanaman serta meningkatkan atau minimal mempertahankan kesuburan lahan dan meningkatkan produksi tanaman pada musim yang sama.

Tetapi yang dikhawatirkan mengalami penurunan akibat pengurangan subsidi pupuk dan semakin menurunnya kesuburan lahan. Mengingat besarnya kebutuhan biaya anggaran, komisi B merekomendasikan agar sasaran penerima yakni poktan atau gapoktan harus tepat dan sesuai aturan yang berlaku sehingga target tujuan dapat tercapai sesuai yang diharapkan. 

“Untuk itu, Dinas Pertanian melalui PPL harus melakukan pendampingan kepada petani penerima agar petani dapat menerapkan POC yang dibutuhkan secara tepat dosis dan waktu aplikasinya. Karena kelebihan dari POC diantaranya lebih efisien dengan anggaran yang sama lebih mencakup areal yang lebih luas dan potensi peningkatan produksi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pupuk organik padat,” jelas Sunardi. (lis)