Caption Foto : Suasana hearing Komisi C DPRD Jombang

mediapetisi.net – Komisi C DPRD Kabupaten Jombang gelar Hearing dengan Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan Kabupaten Jombang terkait RKA 2023. Rabu (10/8/2022)

Ketua Komisi C DPRD Jombang Choirul Anam saat diwawancarai mengatakan hearing kali terkait permasalahan yang ada di Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan untuk menyatakan pendapat dan terkait dengan RKA tahun 2023. Selain itu, protes tentang dana yang ada di PUPR maupun Perkim sangat kecil. Bappeda sendiri menjawab dana yang ada di Kabupaten Jombang hanya 300 Milyar untuk semua dinas dan dibagi rata.

“Sedangkan anggaran yang dibutuhkan Dinas Lingkungan Hidup sebesar 28 Milyar  dan Dinas Perhubungan sebesar 35 Milyar. Tetapi untuk Dinas Perhubungan kebanyakan dari Kecamatan menyatakan bahwa anggaran paling banyak itu dari Dishub sendiri adalah alat-alat lalu lintas,” terangnya.

Tetapi semua tergantung daripada kreativitas dari Bappeda, kalau Bappeda merasa anggaran pendapatan belanja daerah minim harus kreatif contohnya minta komunikasi anggaran  badan keuangan ( BK) khusus dari provinsi, minta penambahan dana alokasi khusus (DAK) dari pusat. 

“Bappeda tugasnya begitu, supaya tidak hanya mengandalkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), karena mengandalkan APBD terbatas. Agar kita bisa maju seperti daerah-daerah lain yang bisa membantu. Di komisioning tadi, maju tidaknya daerah ini dari Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah,” tandasnya. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Abdul Wahab mengatakan kalau hearing kali ini terkait RKA tahun 2023. “Kami dari Dinas Lingkungan Hidup Jombang mengusulkan anggaran sebesar 28 Milyar,” tukasnya. (iin)