Caption Foto : Nara Sumber dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Jawa Timur Arya Pramudhita, ST., M.M saat pemaparan

mediapetisi.net – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kabupaten Jombang  melakukan pendampingan percepatan pemenuhan komitmen perizinan berusaha Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) kepada 100 pelaku usaha dengan 2 sesi. Nara Sumber dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Jawa Timur Ir. Eddi Wiyono, M.Si dan Arya Pramudhita, ST., M.M. Bertempat di Laboratorium Komputer SMK Negeri 1 Jombang. Rabu (10/8/2022)

Kepala Bidang Perindustrian Isnainiyah menyampaikan Disdagrin kabupaten Jombang melakukan pendampingan percepatan pemenuhan komitmen perizinan berusaha Sistem Informasi Industri Nasional (SIINAS) kepada 100 pelaku usaha. Pendampingan ini dilaksanakan secara 2 sesi yakni 2 hari, sesi pertama pada hari Senin 8 Agustus 2022 dan sesi kedua dilaksanakan pada hari Rabu 10 Agustus 2022. 

Caption Foto : Kepala Bidang Perindustrian Isnainiyah saat pemaparan

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat menginformasikan para pelaku industri  yang ada di kabupaten Jombang wajib memiliki akun SIINas, sebagai pendukung industri provinsi maupun nasional,” harapnya.

Sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut, Perwakilan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Jawa Timur Arya Pramudhita, ST., M.M. menyampaikan bahwa setiap perusahaan industri dan kawasan industri wajib menyampaikan data dan informasi industrinya melalui SIINas. Karena penyampaian data industri yang akurat dalam rangka penguatan nasional industri yang mandiri.

“Setiap perusahaan industri wajib menyampaikan data industri yang akurat lengkap dan tepat waktu secara berkala yang disampaikan melalu SIINas, sesuai amanat dari UU No.3 Tahun 2014 tentang Perindustrian yang memiliki dasar pertimbangan bahwa pembangunan nasional di bidang ekonomi dilaksanakan dalam rangka menciptakan struktur ekonomi yang kukuh,” ungkapnya.

SIINas merupakan tatanan prosedur dan mekanisme kerja yang terintegrasi dengan tujuan untuk penyampaian pengelolaan penyajian data informasi industri khususnya di Kabupaten Jombang ini. SIINas ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan, kualitas dan kerahasiaan data dan informasi industri. Selain itu juga mempercepat pengumpulan, penyampaian dan penyebarluasan data dan informasi industri yang akurat, lengkap dan tepat waktu dalam mendukung pembangunan industri nasional.

SIINas juga merupakan sistem yang dirancang Kementerian Perindustrian RI untuk mendapatkan data primer setiap pelaku usaha industri. Setiap perusahaan diwajibkan untuk mendaftarkan usahanya melalui SIINas yang merupakan salah satu komitmen pemenuhan ijin usaha melalui OSS (Online Single Submition). OSS sendiri dikembangkan oleh pemerintah pusat sebagai wujud fasilitasi kemudahan berusaha di Indonesia. Secara teori kedua sistem berjalan beriringan dan terintegrasi meskipun masih memerlukan beberapa penyempurnaan.

“Melalui SIINas perusahaan memiliki kewajiban untuk melaporkan data industri 2 kali dalam setahun, dan Pemerintah Daerah juga memiliki kewajiban untuk mengisi data potensi daerah melalui SIINas. Sebaliknya perusahaan akan mendapatkan informasi antara lain mengenai perkembangan teknologi industri dan fasilitasi-fasilitasi yang diselenggarakan pemerintah,” jelas Arya

Dalam kesempatan tersebut, Arya mendampingi tata cara registrasi SIINas dan tata cara input data ke dalam SIINas seperti  jumlah tenaga kerja, nilai investasi, luas lahan dan lokasi, kapasitas produksi dengan langsung dipraktekkan kepada pelaku usaha. Agar pelaku usaha mampu memahami memenuhi kewajiban berusaha ini. Bagi perusahaan yang akan mengakses SIINas dapat mengakses www.siinas.kemenperin.go.id. Jika masih mengalami kesulitan, langsung ke Dinas Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

“Kami berharap pendampingan kali ini bisa tuntas dan pelaku usaha langsung bisa mengakses SIINas,” pungkas Arya. (iin)