Caption Foto : Gubernur Khofifah Naik Kereta Naga saat buka Porprov Jatim 2022 di Jember

mediapetisi.net – Pembukaan Pekaan Olahraga Provinsi Provinsi (Porprov) VII/2022 Jawa Timur berlangsung meriah, semarak, dan menghibur di Stadion Jember Sport Garden (JSG). Sabtu malam (25/6/2022)

Ribuan warga Jember memenuhi Stadion JSG sejak sore demi bisa menonton secara langsung opening ceremony atau pembukaan Porprov VII/2022 Jatim yang akan berlangsung di Jember, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo, 25 Juni – 3 Juli 2022.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa membuka event olahraga dua tahunan ini didampingi Forkopimda Jatim, Ketua KONI Jatim Muhammad Nabil dan keempat Bupati tuan rumah Porprov VII Jatim 2022.

Sebelum membuka secara resmi dimulainya Porprov VII/2022 Jatim, Gubernur Khofifah Indar Parawnsa naik kereta naga keliling Stadion JSG didampingi Bupati Jember Hendy Siswanto, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjutak, dan Ketua KONI Jatim, M Nabil.

Usai naik kereta naga keliling Stadion JSG, Gubernur Khofifah dan pejabat lainnya naik podium dan memberi santunan ke anak yatim dengan diiringi salawat nabi. Selanjutnya Gubernur Khofifah dan lainnya menemui dan menyapa mayarakat di JSG serta menyaksikan aneka pertunjukan yang meriah, semarak dan menghibur.

Berbagai macam hiburan tersaji di pembukaan, seperti penampilan drumband SMA Taruna Brawijaya, penampilan tari daerah yang diikuti 1.500 penari dengan menampilkan macam tarian Jatim dan lighting show aneka warna yang cukup menarik.

Kemudian ada penampilan seni kolosal yang mengisahkan legenda Watu Ulo, Linkrafin, dan band lokal Jember diiringi semarak pesta kembang api. Tak lupa, beberapa artis tanah air ikut meramaikan Porprov Jatim.

Para artis itu, antara lain Wandra, Vita Alvia, Nowela, Ragilda Idol, band Kotak. Ragilda Idol menyanyikan lagu jingle Porprov Jatim ciptaan Gubernur Khofifah berjudul Laga.

Setelah disuguhi aneka perunjukan seni, tari kolosal dan penampilan artis ibu kota, selanjutnya disusul defile kontingen dari Kabupupaten/Kota se Jatim yang bakal berkompetisi di Poprov Jatim 2022.

Tercatat sebanyak 10.151 atlet, 823 ofisial tim, 3.512 oficial cabang olahraga (cabor), sehingga total yang hadir adalah 14.486 peserta Poprov Jatim 2022. Mereka akan bertanding di 47 cabor.  

Gubernur Khofifah menegaskan pentingnya Porprov Jatim VII ini sebagai ajang pencetak atlet prestasi. Tak hanya di level nasional saja, namun juga sampai ke kancah internasional.“Saya optimistis Porprov akan menjadi ajang pembibitan atlet muda Jatim yang hebat di masing-masing 47 Cabang Olahraga (cabor). Selain itu, Porprov Jatim VII ini sebagai ajang pencetak atlet prestasi. Tak hanya di level nasional saja, namun juga sampai ke kancah internasional,” terangnya.

Khofifah menuturkan, ajang Poprov ini memberi kontibusi membangun suasana sportivitas antara atlet, serta semangat tanpa adanya sekat diantara suku yang berbeda satu sama lainnya. “Dari olahraga, kita saling memberikan perlakuan stara, tanpa melihat suku agama dan adat istiadat, olahraga dapat memperkuat persatuan kesatuan dan sportivitas,” tuturnya. (hms/lis)