Caption Foto : Prosesi tasyakuran buka giling tahun 2022

mediapetisi.net – PTPN X Pabrik Gula Djombang Baru gelar tasyakuran buka giling tahun 2022, dihadiri oleh Kepala Bagian Perencanaan Strategis Kantor Pusat PTPN X, Wayan Mei Prasetyo, General Manager PG Djombang Baru, Ir. H. Mohamad Kholiq, M.M dan segenap Manajer dan karyawan PG Djombang Baru, Forkopimcam Jombang dan perwakilan petani tebu. Bertempat di Gedung Serba Guna PG Djombang Baru. Kamis (9/6/2022)

Direktur PTPN X Pusat melalui Kepala Bagian Perencanaan Strategis Kantor Pusat PTPN X, Wayan Mei Purwono menyampaikan, Pabrik Gula Djombang Baru merupakan salah satu Pabrik Gula bagian dari PTPN X yang melaksanakan buka giling terakhir dari beberapa Pabrik Gula di PTPN X. 

Menurut Wayan, konsumsi gula di Indonesia sangat tinggi, namun pada proses produksi di Indonesia memang sangat minim sehingga harga import gula masih sangat tinggi. Dan posisi Pabrik Gula Djombang Baru berada di tengah kota memiliki tugas yang cukup berat untuk bisa eksis.

“Meskipun berada ditengah kota, kinerja Pabrik Gula Djombang Baru tidak kalah dengan Pabrik Gula lainnya yang ada di PTPN X bahkan kinerja  Pabrik Gula Djombang Baru  ini sangat smooth,” ungkapnya. 

Disamping itu, Wayan juga menghimbau pada para petani agar tidak perlu khawatir terkait harga gula, karena perkebunan sudah menjamin pembelian gula dengan harga standart Rp. 11.500,- dari awal hingga akhir giling dengan sistem cash and carry.

“Petani juga tidak perlu khawatir terkait pembayaran, sebab pembayaran sudah bisa di terima H+2 setelah penyetoran tebu untuk digiling. Kita juga sudah bekerjasama dengan pihak perbankan, jadi petani tidak perlu kuatir tebu tidak laku. Mudah-mudahan Pabrik Gula Djombang Baru dengan target 200 Ribu Ton tebu yang diproduksi bisa tercover,” tutur Wayan. 

Sementara itu, General Manager Pabrik Gula Djombang Baru, Ir. H. Mohamad Kholiq, M.M. mengatakan, selama dua tahun berturut-turut seluruh Pabrik Gula tidak bisa melaksanakan tasyakuran buka giling khususnya Pabrik Gula Djombang Baru karena pandemi covid 19.

“Alhamdulillah ditahun 2022 ini Pabrik Gula Djombang Baru bisa melaksanakan tasyakuran buka giling meskipun harus tetap menggunakan protokol kesehatan. Dan semoga dengan iman dan akhlak yang kuat serta bersinergi dengan mitra petani dan stakeholder Pabrik Gula Djombang Baru bisa sukses lakukan giling tahun 2022,” terangnya.

Tidak hanya itu, Kholiq juga mengatakan, tantangan Pabrik Gula saat ini yakni banyaknya kompetitor di sekitar Pabrik Gula. Namun dengan adanya hal itu, tidak menurunkan semangat Pabrik Gula Djombang Baru untuk terus meningkatkan produksi gula dengan kualitas yang memenuhi standar. 

“Demi menunjang ke eksisan Pabrik Gula Djombang Baru yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Jombang sekaligus menjadi naungan dari seluruh karyawan maupun petani tebu PG Djombang Baru, mari sama-sama kita berjuang dan bersinergi dengan mitra petani dan stakeholder PG Djombang Baru bisa sukses lakukan giling tahun 2022. Dan semoga proses buka giling mulai hingga penutupan bisa berjalan lancar dan mendapat hasil yang memuaskan,” pungkasnya. (lis)