Caption Foto : Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat memantau sapi di Tembelang

mediapetisi.net – Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab memantau sapi yang dinyatakan suspek Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Dusun Kedunglupis, Desa Rejosopinggir, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. Minggu (15/5/2022)

Didampingi Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, Agus Susilo Sugioto dan Camat Tembelang, Bupati Mundjidah memantau tiga ekor sapi yang suspek PMK di rumah pemilik sapi Ali Mukti. 

Bupati Mundjidah memastikan bahwa kondisi sapi yang telah mendapatkan penanganan pengobatan sudah berangsur membaik kondisi kesehatannya. Demikian pula dengan kondisi sapi yang ada di Wonosalam, juga berangsur membaik.

Bupati Mundjidah melihat kondisi sapi yang tampak letih karena terjangkit PMKnkemudian menyerahkan bantuan obat dan vitamin untuk menangani PMK kepada pemilik sapi.

Usai memantau kondisi sapi yang ada dikandang, Bupati Mundjidah menyampaikan kepada media bahwa Pemerintah Kabupaten Jombang telah melakukan langkah-langkah pencegahan terkait PMK.

“Dari awal Pemerintah Kabupaten Jombang telah bertemu langsung dengan Pak Menteri di Grahadi mengikuti Rakor PMK. Kabupaten/kota melalui Provinsi Jawa Timur telah mendapatkan bantuan obat-obatan, vitamin dan pendampingan. Selain itu juga ada pengawasan di Pasar Hewan,” terangnya.

Bupati menjelaskan, wabah PMK penularannya sangat cepat. Namun Pemkab Jombang sudah sigap dengan melakukan beberapa langkah penanganan dan pencegahan. Baik langkah secara langsung yakni menangani sapi yang suspek PMK dan melakukan pencegahan dengan membatasi sapi yang masuk Jombang.

“Penanganan dan pencegahan sudah kita lakukan dengan maksimal. Untuk sapi yang sakit kita tangani dengan obat dan vitamin. Kemudian untuk langkah pencegahan bagi sapi yang dari kabupaten/kota yang tertular itu kita sisihkan,” pungkasnya. (lis)