Caption Foto : Anggota DPR RI Komisi IV bersama Dirjen Peternakan, Kadis Peternakan dan Peserta Bimtek

mediapetisi.net – Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Ema Umiyyatul Chusnah bersama Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian menggelar Bimbingan Teknis Manajemen Peternakan Kambing dan Domba yang di ikuti oleh peternak millenial di Kabupaten Jombang. Dihadiri Koordinator Bidang Pemasaran dan Distribusi Pusvetma, Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, drh. Siti Noor Rochmah Anieka dan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jombang Agus Susilo Sugioto. Bertempat di Ballroom Hotel Fatma Jombang. Rabu (30/3/2022)

Anggota Komisi IV DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas antusias dan partisipasi peternak millenial di Kabupaten Jombang dalam mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Peternakan Kambing dan Domba.

“Tujuan dari adanya kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Peternakan Kambing dan Domba agar masyarakat yang memiliki ternak bisa mengetahui dan paham bagaimana caranya mengelola peternakan khususnya kambing dan domba di kabupaten Jombang,” ungkapnya.

Di samping itu, Ema Umiyyatul Chusnah yang akrab disapa Ning Ema mengatakan, sebagian yang mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Peternakan Kambing dan Domba rata – rata sudah pernah mendapatkan bantuan peternakan dan calon calon penerima bantuan peternakan dari Anggota Komisi IV DPR RI

“Maka dari itu, peternak atau peternak millenial yang pernah mendapatkan bantuan peternakan dan calon calon penerima bantuan peternakan yang mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis, gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya agar bisa memperbaiki kualitas peternakan di Kabupaten Jombang,” terangnya.

Apabila sudah mendapatkan bantuan peternakan maka rawatlah, jagalah, tekunilah agar bantuan peternakan yang diberikan bisa berkembang biak. Dan Jangan sampai setelah mendapat bantuan tidak dirawat dan tidak ditekuni, apalagi bantuan peternakan tersebut di jual. Dengan begitu milenial milenial akan menjadi peternak yang sukses.

“Kita harus selalu komunikasi, agar kami Anggota DPR RI Komisi IV  bisa mengetahui apa yang saat ini sedang di butuhkan oleh masyarakat. Kami juga akan berkunjung ke peternak peternak yang sudah kami beri bantuan agar kami juga bisa memantau bagaimana kondisi peternakan yang ada di Kabupaten Jombang,” tutur Ning Ema.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jombang Agus Susilo Sugioto menyampaikan Dinas Peternakan Kabupaten Jombang memang dituntut untuk mewujudkan Jombang yang berkarakter dan berdaya saing, maka dari itu harus mencapai sasaran sasaran strategis yakni meningkatkan populasi dan produksi hasil peternakan.

“Saya berharap untuk peternak millenial yang mengikuti kegiatan ini bisa memahami dan kemudian bisa menyebarkan informasi kepada masyarakat atau peternak lainya supaya Kabupaten Jombang bisa sesuai dengan target sasaran strategis. Selain itu masyarakat paham bagaimana cara memanagement dan mengelola peternakan serta dapat mengimplementasikan,” jelasnya.

Perlu diketahui, Jawa Timur termasuk penyuplai daging terbanyak atau terbesar baik itu dari daging sapi maupun daging domba, yang mana populasi tahun 2022 di Jawa Timur ada 49 juta hewan untuk menyuplai daging tersebut.

“Selain sapi kambing juga salah satu hewan yang daging nya di Jawa timur termasuk terbanyak, karena daging kambing lebih murah modalnya dan jika beranak bisa beranak banyak dan masa buntingnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Sehingga sampai seterusnya Jawa Timur bisa tetap menjadi penyuplai daging terbesar di Indonesia, karena saat ini harga daging import lebih mahal,” pungkas Agus. (lis)