Caption Foto : MTsN 3 Jombang 

mediapetisi.net – MTsN 3 Jombang salah madrasah dibawah naungan Kementerian Agama kabupaten Jombang dan Yayasan Bahrul Ulum yang mempunyai visi terwujudnya madrasah unggul, berakhlaqul karimah, kompetetif dan peduli lingkungan. MTsN 3 Jombang termasuk salah satu madrasah yang telah mencapai ke tingkat internasional, baik program maupun prestasinya baik secara akademik maupun non akademik.

MTsN 3 Jombang merupakan tempat pembinaan peserta didik secara terprogram dan terukur serta menjadi peserta didik yang kritis dalam berinteraksi sosial, sebagai bekal untuk memahami serta mengetahui bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) adalah yang pertama dan yang kedua dalam menguatkan Iman dan Taqwa (IMTAQ) para peserta didik.

“Alhamdulillah setiap tahun terus mengalami peningkatan yang signifikan setelah melihat kualitas kelulusan dan dipercaya masyarakat  sehingga anaknyau belajar di MTsN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Tahun pelajaran 2021-2022 sebanyak 2629 peserta didik dengan jumlah kelas sebanyak 64 termasuk penambahan 12 ruang kelas baru yang baru selesai dibangun dari anggaran SBSN senilai 7,6 Milyar. Selain itu ujian berbasis komputer kami sudah melaksanakan dengan tiga shif,” terang H. Moch. Syuaib, S.Ag., M.PdI Kepala MTsN 3 Jombang saat ditemui di ruang kerjanya. Rabu (13/1/2022)

Caption Foto : Kepala MTsN 3 Jombang Moch. Syuaib

Menurut Syuaib, MTsN 3 Jombang berada di lingkungan kompleks Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dengan Ketua Majelis Pengasuh PP Bahrul Ulum Tambakberas Dr. KH. M Hasib Wahab dan Ketua Umum Yayasan PP BahrulbUlum KH. M. Wafiyul Ahdi, SH.  Sedangkan MTsN 3 Jombang resmi beroperasi sejak SK Menteri Agama RI No. 23 Tahun 1969 atau 51 tahun silam dengan Nama Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri (MTs AIN) Tambakberas Jombang, dan berganti menjadi MTsN 3 Jombang.

“Ada jutaan peserta Didik yang tamat dari MTsN 3 Jombang dan ada juga yang  menjadi guru dan pegawai MTsN 3 Jombang. Peserta didik banyak mengukir prestasi yang telah diraih pada tahun-tahun sebelumnya seperti juara I karate internasional yang digelar di Malaysia tahun 2015, olimpiade matematika juara II di Singapore tahun 2017 dan kompetisi Robotik juara I di Thailand sekaligus juara II di Singapore tahun 2018 serta siswa-siswi MTsN 3 Jombang ikut pada jambore Internasional di Singapura dan banyak lagi prestasi yang diraih peserta didik kami baik di tingkat lokal, daerah, regional, nasional, dan bahkan internasional,” ungkapnya.

Selain itu, MTsN 3 Jombang mendapatkan pàenghargaan dari Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin Tahun 2018 sebagai Madrasah Inovatif dan mendapatkan predikat sebagai Madrasah Unggulan Akademik Nasional 2021 dengan layanan program. Salah satunya program Takahassus Center yang memiliki 3 bidang diantaranya bidang Al Qur’an, baca kitab dan praktek ibadah. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi peserta didik khususnya dalam bidang membaca kitab menghafal surat-surat dalam juz 30 atau juz amma dengan melakukan praktek ibadah dengan baik dan benar. 

Program lainnya yakni MTsN 3 Jombang Go Internasional dengan program kelas unggulan ICP dan CI-BI. Kurikulum kelas unggulan adalah kelas yang menampung peserta didik yang mempunyai nilai diatas rata-rata minat belajar lebih tinggi dan berbakat istimewa yang perlu dikembangkan. Budaya belajar di kelas unggulan adalah belajar giat belajar cepat belajar cerdas dan belajar yaitu belajar dengan persaingan lebih ketat dengan demikian tercipta fastabiqul Khairat dengan kondisi yang sehat. Ada penambahan jam pelajaran diantaranya pembinaan Bahasa (Amsilati, Baca Kitab, Komputer, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

“Untuk program kelas unggulan CI-BI (Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa) untuk mencetak alumni MTsN 3 Jombang yang cakap dalam menguasai keilmuan bidang umum dan bidang dan ilmu agama sesuai dengan visi Madrasah. Selain itu peserta didik mempunyai kecakapan dalam bidang sains dan teknologi kecakapan bidang ilmu agama kepesantrenan menghafal Al Qur’an hafal hadist, fasih dalam membaca memaknai dan menjelaskan isi kitab Pesantren serta dalam bidang Ahlussunnah Wal Jamaah an-nahdliyah an-nahdliyah serta mempunyai kecakapan dalam bidang bahasa baik bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Mandarin,” tandas Syuaib.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang, Taufiqurrohman menyampaikan rasa terima kasih khususnya kepada majelis pengasuh dan ketua Yayasan Ponpes Bahrul Ulum atas pendampingan dan support penuh yang diberikan sehingga madrasah di lingkungan Bahrul Ulum menjadi madrasah pilihan yang berkualitas di tengah-tengah masyarakat. Ada delapan standar pendidikan yang menjadi konsentrasi dalam mewujudkan generasi penerus bangsa, salah satunya adalah terwujudnya kualitas sarana dan prasarana. 

“Mudah-mudahan gedung yang sudah terwujud, baik yang pertama maupun kedua benar-benar menjadi gedung yang bermanfaat untuk pendidikan di lingkungan pondok  pesantren Bahrul Ulum. Kami berharap kepala MTsN 3, segenap jajaran tenaga pendidik dan kependidikan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga tujuan utama yaitu mencetak kader yang berkualitas mampu diwujudkan dan nanti mampu diantarkan menjadi anak-anak yang sholih dan sholihah,” pungkasnya. (lis)