Caption Foto : Kepala Dinas Pertanian saat menyerahkan hadiah pemenang kontes durian

mediapetisi.net – Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Badan Penyuluh Pertanian (BPP) dan Asosiasi Komoditi (ASKOM) kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang kembali menggelar kontes Durian unggulan bersama tokoh tokoh Petani Durian di Wisata Kandang Sapi (KANSA). Minggu (5/12/2021)

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang Much. Rony saat dikonfirmasi mengatakan Kontes Durian Wonosalam 2021 tersebut merupakan bentuk sinergitas kegiatan yang didukung oleh banyak pihak diantaranya Asosiasi Komoditas Wonosalam, Dinas Pertanian, tempat Wisata Kansa dan banyak pihak lain yang terlibat.

“Kontes Durian ini untuk mengangkat citra Durian Wonosalam lebih tinggi lagi karena dampak yang diharapkan adanya pengakuan masyarakat luas tentang kualitas dan cita rasa Durian Wonosalam. Selain itu, adanya nilai tambah harga jual dan promosi destinasi Wisata Wonosalam,” ungkapnya. 

Harapan kedepan kontes Durian tersebut terus dilaksanakan yang lebih baik lagi dan semoga event Kenduri Durian Wonosalam dapat dimulai lagi untuk kembali menarik wisatawan ke Wonosalam.

“Untuk itu, kepada Petani agar tetap semangat dalam menanam dan membudidayakan Durian asli Wonosalam. Jaga kualitas Durian asli Wonosalam, meskipun banyak Durian dari luar daerah yang masuk pasar Wonosalam. Kami tetap mendukung para petani agar tetap menjaga kualitas rasa Durian asli Wonosalam,” jelas Rony.

Di tempat yang sama, Ketua pelaksana Kontes Durian Ketut Suseno Putro SE mengatakan kontes durian hari ini merupakan yang terakhir. Legiatn ini untuk lebih meningkatkan kualitas Durian unggulan petani di Wonosalam agar bisa muncul dan terdaftar farietas Durian Unggulan.

“Untuk kontes kali ini berbeda dari tahun sebelumnya yakni ada 3 jenis yang dilombakan, diantaranya kelas durian varietas baru, kelas durian bido, dan kelas durian ekstrim dengan metode penjurian 13 item 10 item dengan menggunakan alat untuk penjurian. Jadi bisa dipastikan tidak ada tendensi apapun,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Galengdowo Wartomo saat dikonfirmasi mengatakan semua kepala desa di wilayah kecamatan Wonosalam menyambut baik dengan adanya kontes durian tersebut. Dengan harapan yang pertama kualitas durian di Wonosalam ini semakin baik dan harganya juga bisa naik sehingga endingnya nanti tetap adalah harga durian bisa lebih baik sehingga petani durian bisa berlomba-lomba untuk makan durian terutama durian varietas unggul.

Dalam kontes ini memang ada satu yang baru yaitu dimunculkannya durian varietas baru yang tadinya belum terkenal. Kedepannya kontes ini akan diadakan setiap tahun sehingga durian yang ada di Wonosalam betul – betul hasil dari Wonosalam. Kedua jangan sampai durian Wonosalam ini kehilangan khasnya karena ulah para petani sendiri yang bisa merusak citra rasa durian Wonosalam asli misalnya durian yang tidak dari Wonosalam tapi diakui dijual dengan label durian Wonosalam.

Hal tersebut, ke depannya akan diantisipasi oleh ASKOM yaitu asosiasi yang nantinya durian berkelas yang ada di Wonosalam ada lebel sehingga bisa membedakan antara durian Wonosalam dan durian luar Wonosalam.

“Saya salut dengan panitia yang tidak kenal lelah hampir 4 Minggu berturut-turut melaksanakan kegiatan ini. Harapan kami selaku pemangku kebijakan dan teman-teman kontes ini agar bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat dari hasil jerih payahnya sehingga masyarakat Wonosalam bisa berubah karena sangat mudah sekali untuk menanam durian. Kalau tanaman durian dengan hasil melimpah bisa buat meningkatkan ekonominya,” pungkasnya. (lis)