Caption Foto : Rektor UNWAHA Tambakberas Jombang Dr. H. Anton Muhibuddin saat ditemui di ruang kerjanya

mediapetisi.net – Presiden Joko Widodo 2 kali memberikan bantuan sebesar 28 Milyar dan 48 Milyar sehingga  jumlah mahasiswa baru UNWAHA (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah) Tambakberas Jombang Tahun Akademik 2021/2022 membludak sampai 1.400 dengan jumlah mahasiswa keseluruhan kurang lebih 2.300 mahasiswa.

“Alhamdulillah tahun ini jumlah mahasiswa baru membludak sehingga kami pun kekurangan lokal untuk pembelajaran akan tetapi Kami mendapatkan bantuan dari bapak Presiden Jokowi sebesar 48 Miliar. Tidak hanya itu, sebelumnya kami juga menerima bantuan dari bapak presiden sebesar 28 Miliar,” ungkap Rektor UNWAHA Tambakberas Jombang Dr. H. Anton Muhibuddin saat ditemui di ruang kerjanya. Selasa (16/11/2021)

Anton Muhibuddin memaparkan di UNWAHA Tambakberas memiliki 5 Fakultas diantaranya Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Ekonomi. Serta 14 Prodi diantaranya S1 Pendidikan Agama Islam, S1 Pendidikan Bahasa Arab, S1 Ekonomi Syariah, S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi, S1 Agrobisnis, Agroekoteknologi, Teknik Pertanian, Rekayasa Pertanian dan Biosistem, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris dan Manajemen.

Menurut Anton, UNWAHA memiliki visi bahwa pada tahun 2035 menjadi institusi pendidikan tinggi berstandar internasional yang berperan aktif dalam pengembangan iptek pengelolaan sumber daya alam dan peningkatan kualitas sumber daya alam manusia seutuhnya. Sedangkan misi UNWAHA menyelenggarakan pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan pengelolaan sumber daya alam berbasis iman dan taqwa. Selain itu, mengembangkan dan menerapkan iptek yang berkualitas handal yang mampu bersaing secara internasional dan berwawasan lingkungan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia. 

“Kami berharap mahasiswa menjadi lulusan yang berkemampuan akademik tinggi berakhlak mulia dan berjiwa wirausaha handal. Sedangkan harapan kami di bidang penelitian mahasiswa dapat menghasilkan iptek berkualitas dalam berbagai bidang, Serta dapat mengimplementasikan IPTEK  guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sumber daya alam, Alhamdulillah tahun ini UNWAHA raih Juara 2 MKSN future marketing expert, Juara 3 dalam lomba marketing competition nasional 2021 di Universitas Syiah Kuala Aceh, Juara 3 lomba khitobah Festival bahasa Arab “Thoha” 2021 HMPS PBA IAIN Kediri dan masih banyak lagi prestasi lainnya,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Anton berharap mahasiswa dapat menghasilkan IPTEK berkualitas dan berbagai bidang, UNWAHA bekerjasama dengan beberapa kampus di dalam negeri dan luar negeri agar lulusan UNWAHA bisa langsung diterima untuk melanjutkan studi magister di luar negeri Seperti kampus yang ada di Jepang Tokyo Korea Thailand dan lainnya.

“UNWAHA juga bekerjasama dengan kampus luar negeri dan dalam negeri bahwasannya mahasiswa yang mengikuti program tersebut dapat menyelesaikan program sarjana di UNWAHA selama 3,5 tahun dan melanjutkan program magister di luar negeri selama 1,5  tahun. UNWAHA juga ada beberapa beasiswa seperti Bidikmisi KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan jalur rekomendasi NU (IPNU dan IPPNU) dan lainnya dengan beberapa beasiswa tersebut kampus unwaha bisa mengirim mahasiswa mendapatkan beasiswa di luar negeri maupun dalam negeri,” pungkasnya. (lis)