Caption Foto : Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menabuh perkusi tanda dibukanya MTQ Jatim di Pamekasan

mediapetisi.net – Penabuhan Perkusi dan pembacaan Bismillah, yang dipimpin oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menjadi penanda dibukanya gelaran Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke XXIX tahum 2021 di Kabupaten Pamekasan.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah berharap, gelaran MTQ ini memunculkan qori qoriah terbaik, yang akan bisa mengantarkan Kemuliaan bagi masyarakat Jawa Timur, kemuliaan Indonesia dan tentu kemuliaan warga bangsa Indonesia. “Ada Jatim Berkah dalam Nawa Bhakti Satya. Kita ingin praktikan untuk masyarakat Jawa Timur agar masyarakat mendapatkan kemuliaan,” ujarnya, Rabu Malam (3/11/2021).

Cara untuk memuliakan masyarakat Jawa Timur, antara lain dengan mengikhtiarkan peningkatan pendidikan, serta kesehatannya juga ditingkatkan. Diantaranya berseiring dengan program pusat, Provinsi dan Kabupaten Kota. Rencana kerja pemerintah harus linier antara tingkat nasional dan APBD di tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten kota. 

“Terima kasih kepada Bupati dan juga masyarakat Pamekasan, karena sinilainya luar biasa dalam menyiapkan gelaran MTQ ke XXIX 2021 yang dimulai dengan pembukaan ini dengan suasana yang betul-betul saya rasakan, suasana yang cukup mendukung penyelenggaraan MTQ kali ini,” tutur Khofifah. 

Sementara itu, Bupati Pamekasan Badrut Tamam mengaku senang karena terpilih sebagai tuan rumah pada ajang MTQ ke XXIX tahun 2021 ini. Semakin istimewa, lantaran momentum pembukaannya, bertepatan dengan HUT Pamekasan ke 491. Dengan gelaran MTQ ini, dapat menjadikan Kabupaten Pamekasan bersaing dengan Kabupaten lain di Indonesia, serta dapat berkembang seperti Kabupaten Kota yang lain. Antara lain, dengan lima program prioritas. 

“Pertama reformasi birokrasi, yang memberikan kemaslahatan dan kemudahan pelayanan. Dari segi ekonomi, memiliki skenario ekonomi yang berorientasi membangun ekonomi dari bawah, merata dan berkemajuan,” ujarnya. 

Kemudian sektor pertanian, dimana memberikan bibit dan pupuk secara cuma cuma. Lalu sektor pendidikan, Pemkab Pamekasan menyiapkan beasiswa santri setiap tahunnya dengan Pesantren mitra. 

“Alhamdulillah tahun ini 2000, setiap bulan 500 ribu, setahun 6 juta. Juga beasiswa calon dokter kerjasama dengan Unair, kita tanggung SPP sampai living cost. Saat ini sudah 5 yang lulus. MTQ Jatim ke XXIX tahun 2021 Pamekasan, berlangsung pada 2-11 November 2021. Sebanyak 1.303 peserta, 485 official dari 38 kabupaten/kota se-Jatim,” pungkas Bupati. (lis)