Caption Foto : Bupati didampingi Wabup dan Kepala Bappeda bersama penerima pemghargaan Krenova

mediapetisi.net – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) atas kerja kerasnya untuk menciptakan inovasi-inovasi terbaru dibidang teknologi informasi, teknologi bidang ekonomi, dan teknologi bidang non ekonomi.

Anugerah Krenova Kabupaten Jombang  2021 mengambil tema “Peran Kreativitas dan Inovasi Teknologi Guna Pemulihan Ketahanan Ekonomi Secara Berkelanjutan dalam Kehidupan Masyarakat,” dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Jombang, Perwakilan Bappeda Jatim, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan Penerima penghargaan serta peserta Krenova. Bertempat di Ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang. Senin (1/11/2021)

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan selamat dan apresiasi kepada para pemenang lomba Krenova, atas kerja kerasnya untuk menciptakan inovasi dan kreativitas untuk membantu pembangunan di Kabupaten Jombang.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang sangat mengapresiasi atas kerja keras para peserta lomba Krenova 2021, yang sudah menciptakan berbagai kreativitas, inovasi, dan teknologi dalam memajukan pembangunan di Kabupaten Jombang. Saya berharap semangat ini akan terus berkembang sehingga pembangunan di Kabupaten Jombang dalam segala sektor dapat lebih cepat tercapai,” ungkapnya.

Bupati Mundjidah berpesan kepada pemenang yang mendapatkan penghargaan jangan merasa cukup dengan penghargaan yang baru saja diberikan pemerintah kabupaten Jombang kalau bisa para penerima penghargaan juga bisa mendapatkan penghargaan dari provinsi dan harus terus berinovasi lebih baik lagi.

Pekerjaan pemerintah kabupaten Jombang ke depan memang tidak ringan, penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi informasi saat ini harus dikembangkan dalam upaya meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan pelayanan publik.

“Saya berharap melalui Krenova ini dapat menghasilkan inovator-inovator yang mampu menciptakan terobosan baru yang efektif dan efisien guna kesejahteraan masyarakat kabupaten Jombang. Sedangkan untuk gebyar anugrah Krenova ini juga harus kita pertahankan dan harus kita tingkatkan sampai tingkat nasional dan internasional. Tidak hanya masyarakat pemerintah pun juga wajib membina dan bisa meningkatkan sampai bisa luar biasa,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Jombang, Danang Praptoko mengatakan Krenova ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan di Pemerintah Kabupaten Jombang dalam rangka mendorong dan mengembangkan inovasi di masyarakat agar masyarakat semakin kreatif dan inovatif, memunculkan suatu produk yang kedepannya bisa lebih bersaing, sesuai dengan visi misi Kabupaten Jombang yakni mewujudkan masyarakat Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing.

“Sedangkan kategori Inovasi dalam Anugerah Krenova pada tahun 2021 yakni teknologi informasi, teknologi bidang ekonomi, dan teknologi bidang non ekonomi. Setelah melalui tahapan penilaian dari Dewan Juri yakni administrasi dan dokumen, penilaian substansi 1 dan 2, tahap verifikasi lapangan dan tahap penilaian akhir. Tim Juri terdiri dari perwakilan Akademis, perwakilan Praktisi, perwakilan Pengelola Website/Aplikasi akhirnya memutuskan para Juara Krenova Kabupaten Jombang 2021,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Bupati menyerahkan penghargaan Krenova tahun 2021 kepada juara 1 diraih oleh Suryanto dengan judul Songkok Unik dari Limbah Pelepah Pisang uang pembinaan sebesar Rp 7.500.000,-. Juara 2  SMKN Kabuh dengan judul Semir Anti Microba dari Ekstrak Batang Tembakau dan Sisa Sampah Organik (kulit pisang dan bayam) sebesar Rp 6.000.000, Juara 3 di raih oleh CV. Jombang Smart City dengan judul Jombang Smart City Sebagai Sistem Informasi Pelayanan Desa Berbasis Web dan Aplikasi Rp 4.500.000,-.

Sedangkan juara harapan 1 diraih oleh Suyanto dengan judul JATEKUN (Jahe Merah, temulawak dan Kunyit) minuman rempah saji mewujudkan sehat jasmani dan sehat ekonomi sebesar Rp 2.500.000, juara harapan 2 diraih oleh Dwi Barlian dengan judul Bermodal Tali Katun Kami Bersama Hadapi Masa Pandemi sebesar Rp 1.500.000 dan juara harapan 3 di raih oleh Ketut Suseno Putro dengan judul Dewo APP Aplikasi Ketersediaan Durian Unggul Wonosalam Bebasis Android sebesar Rp 1.000.000,-. Selain itu, Bupati juga menyerahkan kepada 14 orang penerima Sertifikat Hak Atas Kekayaan Intelektual atau HAKI. (lis)