Caption Foto : Dr Farida dari Dinas Kesehatan Provinsi Jatim saat memberikan materi

mediapetisi.net – Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang gelar pelatihan kader POSBINDU (Pos Binaan Terpadu) terkait pendeteksi sejak dini penyakit tidak menular yang di ikuti oleh 68 kader dari 34 puskesmas di Kabupaten Jombang. Bertempat di ruang Bung Tomo Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang. Senin (18/10/2021)

Kepala Bidang  Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Haryo Purwono menyampaikan, pelatihan kader POSBINDU (Pos Binaan Terpadu) bertujuan agar kader-kader bisa  mendeteksi sejak dini penyakit tidak menular, sebab terkadang seseorang tidak merasakan gejala adanya penyakit tidak menular dalam tubuh mereka.

“Kami membekali POSBINDU (Pos Binaan Terpadu) sebagai wadah pendeteksi sejak dini penyakit tidak menular di masing – masing daerah mereka. Pelatihan ini dilakukan selama 2 hari dengan peserta 68 kader dari 34 Puskesmas di Kabupaten Jombang dengan masing-masing Puskesmas ada dua perwakilan kader,” ungkapnya.

Di hari pertama pelatihan kader POSBINDU (Pos Binaan Terpadu)  para kader akan di berikan materi kebijakan penyakit tidak menular yang disampaikan secara langsung oleh Dr Farida dari dinas kesehatan provinsi, sedangkan hari kedua yaitu pelaksanaan teknis dari kader kader tersebut yang mengikuti pelatihan terkait bagaimana cara kader bisa mendeteksi gejala sejak dini penyakit tidak menular. 

“Dengan adanya pelatihan kader POSBINDU (Pos Binaan Terpadu) diharapkan bisa memberi laporan hasil-hasil penyakit tidak menular yang ada di sekitar mereka dan sesuai wilayah mereka dan bisa meminimalisir terjangkitnya penyakit tidak menular karena adanya pencegahan sejak dini dan pendeteksian yang dilakukan oleh kader-kader kami. Dan persentase adanya penyakit tidak menular ini bisa menurun,” pungkas Haryo. (lis)