Caption Foto : Wabup Sumrambah didampingi Camat dan Kepala Desa saat mengikuti kirab desa

mediapetisi.net – Kirab Budaya Hasil Panen “Gawai Bumi Sumbersoko” Desa Jatiwates dihadiri Wakil Bupati Jombang Sumrambah serta turut mengikuti kirab diantaranya Camat Tembelang, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa dan Warga. Bertempat di Desa Jatiwates Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. Jumat (8/10/2021)

Wakil Bupati Jombang Sumrambah berpesan dan mengajak warga untuk selalu berdoa agar pandemi Covid 19 cepat hilang dan tetap memakai masker. Tradisi kirab budaya hasil panen di Desa Jatiwates sudah dilakukan setiap tahunnya. Tradisi tersebut terus berkembang dan dilestarikan dengan  tambahan gunungan  hasil bumi, serta tari tarian dari kelompok seniman Desa Jatiwates. 

“Alhamdulillah sedekah hasil panen gawai bumi Sumbersuko sudah di lakukan, ada satu keistimewaan yang luar biasa. Warga setiap rumah membuat tumpeng untuk berbagi dengan tetangga (tukeran ambeng/tumpeng), ampir setiap tahun saya hadir dalam acara ini saya selalu merasakan rasa guyup rukun. Rasa guyup rukun lah budaya yang harus kita pegang dan kita lestarikan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Sumrambah juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata kabupaten Jombang yang sudah mengemas kegiatan sedekah panen. Diharapkan dengan tradisi tersebut bisa menambah semangat dan kerukunan antar petani, sekaligus sebagai bentuk rasa syukur kepada Alloh SWT.

“Semoga kegiatan tahun ini kedepannya semakin baik, dan meskipun pandemi Covid 19 di Kabupaten Jombang sudah menurun tetap segala upaya kami lakukan sampai pada saatnya pemerintah menyatakan bahwa kabupaten Jombang sudah terbebas dari Covid 19 dan kita semua di beri kesehatan keselamatan dan rejeki yang berlimpah,” pungkasnya. (lis)