Caption Foto : Ketua KONI saat ditemui di ruang kerjanya

mediapetisi.net – KONI Jombang menggelar kegiatan rutin bulanan pengurus harian dan staff untuk mengevaluasi kegiatan bulan sebelumnya serta kegiatan berjalan, bertempat di Kantor KONI Jombang. Jumat (8/10/2021)

Ketua KONI Jombang Heru Ariwanto ketika di konfirmasi di ruang kerjanya menyampaikan, Bulan September kemarin KONI menggelar Pekan Olahraga tingkat Kabupaten Tahun 2021, seharusnya mulai dilaksanakan bulan Agustus tetapi situasi sedang pandemi sehingga agak mundur dan sudah dilaksanakan dengan prokes yang ketat, tanpa adanya penonton.

Agenda kedepan akan diadakan Puslatcab, terdiri dari atlit-atlit yang meraih juara di Pekan Olahraga tingkat Kabupaten. Tetapi tidak keseluruhan karena terkendala dengan anggaran. 

“Puslatcab di gelar untuk persiapan Pekan Olahraga tingkat Provinsi Tahun 2022. Jumlah Cabang Olahraga yang akan di pertandingkan kita masih menunggu Surat Edaran dari tingkat Provinsi. Selain itu KONI Jombang juga akan melakukan evaluasi, Cabang Olahraga yang berprestasi serta kesiapannya. Tidak semua Cabang Olahraga akan di pilih, karena terkendala oleh anggaran,” terangnya.

Setiap Cabang Olahraga memiliki Pelatih dengan lisensi, baik lisensi tingkat Nasional hingga Internasional. Bahkan ada beberapa pelatih, wasit serta juri yang di minta oleh Provinsi untuk berangkat ke Pekan Olahraga Nasional di Papua mewakili Provinsi Jawa Timur

“Ada sebanyak 38 Cabang Olahraga yang berada di bawah naungan KONI Jombang. Pengalaman Tahun kemarin kita kirim semua Cabang Olahraga ke Pekan Olahraga tingkat Provinsi sehingga terwakili dari semua Cabang Olahraga, cuma yang membedakan jumlah kelasnya sesuai disesuaikan dengan anggaran serta prestasi,” jelas Heru.

Heru ketika di singgung terkait anggaran untuk Tahun 2022 masih belum tahu tetapi sudah mengajukan alokasi anggaran. Sedangkan untuk tahun 2021 KONI Jombang mendapatkan alokasi anggaran sebesar 2 Milyar Rupiah.

“Jumlah Anggaran sudah kita ajukan untuk tahun 2022, nanti kalau sudah di setujui oleh Pemerintah Daerah akan dilaksanakan sesuai dengan apa yang kita ajukan ke Pemerintah Daerah,” katanya.

KONI Jombang mengacu pada Pekan Olahraga tingkat Provinsi tahun 2019 untuk kriteria pengiriman atlit. Dari keseluruhan Cabang Olahraga yang di kirim tidak semua Cabang Olahraga mendapat mendali, sehingga akan dilakukan evaluasi berdasarkan prestasi. Cabang Olahraga yang berprestasi akan di berikan kuota lebih banyak, sedangkan untuk Cabang Olahraga yang lainnya tetap akan kita ikutkan tetapi kelas yang di pertandingakan akan di kurangi.

Target KONI Jombang kedepannya bisa mendapat peringkat 10 sampai 15 untuk total keseluruhan, karena di Pekan Olahraga tingkat Provinsi tahun 2019 Jombang mendapat peringkat 21 untuk total keseluruhan.

“Saya berharap seluruh Cabang Olahraga di Kabupaten Jombang adanya komunikasi yang baik antar KONI Jombang dengan Cabang Olahraga di Kabupaten Jombang, sehingga bisa melahirkan atlit-atlit yang berprestasi di Kabupaten Jombang. Karena sampai saat ini ada atlit-atlit dari Kabupaten Jombang dan mampu menyumbangkan medali emas ketika mewakili Jawa Timur di Pekan Olahraga Nasional di Papua,” pungkas Heru. (azl)